Lomba sekolah sehat tingkat Provinsi DKI Jakarta

Jakarta Pusat, -- Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dilaksanakan dalam gerakan yang terpadu dan didukung secara baik oleh pemerintah. ”Ini membuktikan bahwa kesehatan khususnya bagi anak didik sangat penting dan strategis, karenanya dengan melaksanakan upaya kesehatan di sekolah dimungkinkan anak didik kita menjadi generasi penerus bangsa,” ujar Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Drs. Zainal Msi, ketika menerima Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi DKI Jakarta, Kamis (27/8) di SDN 02 Menteng.

Menurut Sekko, anak merupakan manusia kecil yang memiliki potensi yang harus dikembangkan. Maka dari itu upaya pendidikan untuk kesehatan anak melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dilakukan oleh para guru sangat penting karena akan sangat membantu anak dalam tumbuh kembangnya ke masa depan.

“Kualitas pendidikan untuk anak berkaitan erat dengan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Sumber daya manusia yang berkualitas adalah yang memiliki jasmani dan rohani yang sehat. Upaya pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan sehat antara lain dengan melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS),” paparnya.

Usaha Kesehatan Sekolah, papar Sekko, adalah usaha untuk membina dan mengembangkan kebiasaan dan perilaku hidup sehat pada peserta didik usia sekolah yang dilakukan secara menyeluruh (komprehensif) dan terpadu (integrative) melalui program pendidikan dan penyuluhan kesehatan.

“Untuk optimalisasi program UKS perlu ditingkatkan peran serta peserta didik sebagai subjek dan bukan hanya objek. Dengan UKS ini diharapkan mampu menanamkan sikap dan perilaku hidup sehat pada dirinya sendiri dan mampu menolong orang lain,” paparnya.


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait