Lumpur Danau Situ Lembang Dikeruk Awal Agustus

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) akan mengeruk lumpur di kawasan danau Situ Lembang, Menteng 1 Agustus mendatang. Saat ini Pemkot Jakpus tengah mempersiapkan para Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait.

Wali Kota Jakpus Mangara Pardede mengungkapkan, untuk melakukan pengerukan lumpur Situ Lembang ini pihaknya membutuhkan waktu sekitar 2 bulan ke depan. Sementara peralatan yang akan disiapkan 3 alat berat dan truk. Diantaranya 2 unit ekskavator amphibi, 1 unit ekskavator long arm, dan 10 unit dump truck. Nantinya juga, sambil melakukan pengerukan, kedalaman danau ini akan ditambah kedalamnya sekitar satu meter.

"Saat ini Dinas Kehutanan selesai merelokasi aset yang terkena dampak lintasan mobilisasi alat berat dan Sudin Bina Marga pembuatan scrab. Sosialisasi pada warga pun sudah dilakukan" ucap Mangara, di Taman Situ Lembang, Jumat (28/7).

Masih kata Mangara, volume lumpur yang akan dikeruk diprediksi mencapai 8.014 meter kubik. Untuk menampung sementara lumpur yang telah dikeruk pihaknya akan membuat kisdam dolken memakai tumpukan karung isi pasir. Kemudian, untuk mencegah rusaknya instalasi air mancur akan dibuatkan garis batas menggunakan tali rapiah.

"Jam kerja 07.30 sampai dengan 16.00. Lumpur yang dikeruk akan dikeringin dulu baru diangkut ke truk untuk dibawa ke Marunda," ucap Mangara.

Pasca pengerukan akan dilakukan perbaikan turap yang menjadi akses mobilisasi alat berat sepanjang 15 meter, perbaikan pintu air, dan taman.

"Semakmsimal mungkin pengerukan ini selesai tanpa mengganggu orang yang tinggal dan pengunjung taman Situ Lembang," tandas Mangara.

 

Kominfotik JP/Chs/NEL

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait