Lurah Petojo Utara Bongkar 10 Bangli Dibantaran Kali Krukut

Jakarta Pusat, -- Berdiri dibantaran kali krukut, sebanyak 10 bangunan liar (Bangli) semi permanen di Jalan Binatu, RW 8, RT 14, Kelurahan Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat dibongkar petugas, Minggu (18/9).

Dari pantauan dilapangan, puluhan petugas gabungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), petugas pemeliharaan prasarana dan sarana umum (PPSU), Suku Dinas (Sudin) Kebersihan dikerahkan membongkar bangunan. Satu persatu bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal, dapur, dan kamar mandi warga dibongkar langsung oleh Lurah Petojo Utara, Amadeo menggunakan alat manual.

Saat ditemui dilokasi pembongkaran, Lurah Petojo Utara mengatakan sekitar 10 bangunan semi permanen ini telah berdiri lebih dari 20 tahun. Sebelum dibongkar, pihak kelurahan telah melayangkan Surat Peringatan (SP) 1 hingga 3 kepada warga setempat.

"Warga setuju bangunan yang biasa digunakan mereka dibongkar petugas. Mereka juga mengakui keberadaan bangunan yang biasa mereka gunakan sehari-hari menyalahi aturan karena berdiri di bantaran kali," terang Amadeo di sela-sela pembongkaran, Minggu (18/9).

Sekitar 20 petugas gabungan dalam penertiban bangli diterjunkan. Dua truk milik Sudin Kebersihan Jakarta Pusat dikerahkan untuk mengangkut puing-puing bangunan. Seluruh material bangunan sisa pembongkaran langsung dibuang ke Berwewenang, Bekasi, Jawa Barat.

"Penertiban kali ini berjalan kondusif, warga juga ikut bantu bongkar bangunan," jelasnya.

(Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait