Mandiri dengan Trotoar Ramah Disabilitas

Jakarta Pusat, -- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), resmikan trotoar ramah disabilitas dengan portal ‘S’ di Jalan Diponegoro, tepatnya di depan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Sabtu pagi (28/5). “Saya mau seluruh trotoar ramah penyandang disabilitas," kata Basuki

Dinamakan portal ‘S’ karena bentuknya menyerupai huruf ‘S’ dibuat menggunakan bahan stainless steel. dirancang khusus agar kendaraan roda dua tidak dapat masuk atau melewati trotoar.

Basuki berencana membangun trotoar serupa pada trotoar-trotoar lain di DKI Jakarta. Menyongsong Asean Games 2018,  trotoar serupa juga rencananya akan dibangun di sepanjang Monumen Nasional hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Hernawati (62) penyandang disabilitas, warga Bintaro, pengguna kursi roda mengaku senang dengan dibangunnya trotoar ramah disabilitas. Ia berharap, semua trotoar ramah disabilitas.

“Dengan adanya trotoar ramah disabilitas, saya tidak khawatir untuk berpergian. Saya ingin mandiri, tidak merepotkan orang lain kalau berpergian. Jakarta, kota metropolitan, wajib membuat trotoar yang ramah untuk akses disabilitas,” ujarnya. (Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait