Mangara Lepas Tim Pemeriksa Hewan Kurban

Jakarta Pusat, -- Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus) Mangara Pardede melepas tim pemeriksa kesehatan hewan kurban di halaman kantor Wali Kota Jakpus, Jumat (1/9). Pelepasan ini ditandai dengan pemakaian baju dan penyerahan secara simbolis sebilah pisau kepada para petugas.

Dalam kesempatan itu, Mangara menerangkan, para petugas akan disebar disejumlah titik tempat pemotongan hewan kurban di 8 kecamatan untuk mengawasi pemotongan hewan kurban. Selain itu, seluruh petugas juga akan mendatangi seluruh tempat pemotongan hewan kurban seperti masjid,  mushola, maupun tempat pemotongan hewan kurban lainnya.  

"Petugas akan memastikan apakah hewan kurban dan daging yang akan dibagikan kepada masyarakat layak atau tidak," ungkapnya.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan hewan dan juga daging kurban sangat penting untuk mengantisipasi berbagai penyakit seperti cacing pita, antrax, penyakit mulut dan kuku.

"Kami berharap para petugas bekerja maksimal, seluruh daging kurban yang diperiksa layak dikonsumsi.  Tidak ada penyakit maupun cacing pada organ tubuh hewan kurban," tambah Mangara.

Sementara itu, Kasudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakpus Bayu Sari Hastuti menerangkan, jumlah petugas pemeriksa kesehatan dan daging hewan kurban yang diterjunkan seluruhnya 108 petugas dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) , Kementerian Pertanian RI dan Sudin KPKP Jakpus dan Dinas KPKP DKI Jakarta.

Kominfotik JP/Day/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait