Mangara buka bimtek pengelola perpustakaan

Jakarta Pusat, -- Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede di dampingi Camat Gambir, M.Fauzi, Rabu (16/12 ) di Ruang Pola Kantor Perpustakaan membuka Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan tahun 2015. Bimtek tersebut diikuti 160 peserta.

Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, mengatakan, perpustakaan merupakan gudang ilmu, disanalah kita temukan berbagai macam buku karena buku merupakan jendela untuk menatap dunia, baik dunia dimasa lalu, masa kini maupun masa depan, jelasnya.

Dikatakan, minat baca masyarakat di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan negara lain, jangankan dengan negara eropa, dengan negara asean saja kita tinggalkan jauh, ucapnya.

Untuk itu di harapkan kepada pengelola perpustakaan harus profesional dalam menata dan mencari buku, sehingga masyarakat merasa tertarik untuk ikut membaca di perpustakaan. “ Dalam membaca buku tidak usaha lama, cukup 15 menit dalam sehari. Nantinya akan menjadi terbiasa,” ujarnya.

Mangara minta, Perpustakaan yang mempunyai potensi cukup besar ini supaya  dikelola secara profesional agar peran dan fungsi terus berkembang, sehingga dapat meningkatkan minat baca masyarakat Jakarta terutama kepada generasi muda, sebagai calon pemimpin di masa mendatang.

Maka itu kepada para peserta supaya memanfaatkan moment ini dengan baik secara optimal untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan kecerdasan, tambah Mangara.

Ka. Perpustakaan dan Arsip Jakarta Pusat, Istaryatiningtias, mengatakan, peserta bimtek pengelola perpustakaan diikuti 160 peserta terdiri dari pengelola TBM, TK/PAUD, SD, SMP, SMA dan pengelola perpustakaan kelurahan.

Kegiatan bimtek berlangsung selama tiga hari (16 – 18 Desember 2015) dan nantinya para peserta akan diberikan sertifikat. Adapun materi bimtek meliputi  kebijakan Pemprov DKI tentang perpustakaan Digital, paparnya (AD)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait