Memanfatkan Taman Menteng Jadi Ruang Belajar

Puluhan siswa SD 01 Menteng belajar sambil bermain di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/1). Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Suasana asri Taman Menteng yang semula sepi menjadi ramai dengan kedatangan anak-anak berpakaian Pramuka dengan memegang tongkat dan menyanyikan yel-yel mereka sambil berbaris memenuhi area futsal di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/1).

Pagi ini, puluhan siswa SD 01 Menteng mendapatkan kesempatan latihan Pramuka di ruang terbuka hijau. Berbagai permainan pun dipersiapkan, salah satunya permainan menjatuhkan botol dengan bola.

Salah satu Guru Pembina SD 01 Menteng, Arini menerangkan, belajar di ruang terbuka hijau ini menjadi salah satu metode pembelajaran bagi siswa. Sehingga, siswa tidak hanya belajar di dalam kelas. Apalagi untuk program Ekstrakurikuler (Ekskul) Pramuka yang membutukan banyak latihan ketangkasan.

"Kita lihat kebutuhannya, kalau lebih banyak menulis kita lakukan di kelas seperti halnya menulis sandi pramuka, tapi untuk berlatih ketangkasan kita keluar ke Taman Menteng ini," ungkapnya.

Sebagai pendidik Arini tahu betul situasi para murid yang terkadang jenuh hanya belajar di ruang kelas. Ia memahami siswa perlu belajar di alam terbuka dan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.

Menurutnya, area sekolah yang terbatas tidak cukup untuk memenuhi ruang gerak para siswa. Taman Menteng menjadi sarana yang tepat untuk memuduahkan proses belajar mengajar di luar kelas.

Apalagi, lanjutnya, lokasi Taman Menteng sangat dekat dengan sekolah. Fasilitas pendukungnya pun mencukupi seperti, arena bermain yang dapat dimanfaatkan siswa usai materi latihan. Kondisi taman yang bersih dan asri membuat para siswa tidak tersengat terik matahari.

"Tentunya anak-anak merasakan perbedaannya ketika mereka bosan dengan belajar di kelas, belajar di taman meskipun dua minggu sekali," paparnya. (As)

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait