Menjaga Lansia Tetap Sehat dan Produktif

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) melalui Sudin Kesehatan Jakpus terus berkomitmen menjaga para Lanjut Usia (Lansia) tetap sehat dan produktif di hari tua mereka. Hal ini diungkapkan Sekertaris Kota (Sekko) Jakpus, Iqbal Akbarudin dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (Halun), Rabu (19/7).

Dalam kesempatan itu Iqbal meminta masyarakat agar tidak menjadikan para Lansia sebagai beban, menurutnya, usia lanjut merupakan aset dan sumber kearifan lokal. Sebab, dari pengalaman hidup para lansia ini memberikan kontribusi besar untuk generasi muda dibawahnya. Maka dari itu, perlu adanya upaya pemerintah dan masyarakat menjaga para Lansia tetap sehat, semangat, dan produktif.

“Dengan peringatan Halun ini tentunya dapat menambah semangat Lansia agar tetap produktif dengan adanya berbagai kegiatan yang dilakukan, peringatan ini juga dapat dijadikan sebagai sarana berkomunikasi dan berinteraksi sesama Lansia,” ungkapnya.

Iqbal menilai, selama ini kehidupan para Lansia selalu berkaitan dengan masalah kesehatan , masalah ekonomi dan sosial. Padahal, kondisi kesehatan Lansia merupakan hal yang paling penting untuk menjaga kehidupan Lansia tetap sehat dan bahagia. Pihaknya bahkan telah mengaktifkan Posyandu Lansia ditingkat RW agar para lansia dapat memeriksakan kondisi kesehatannya cuma-cuma.

“Yang paling penting untuk dilakukan bersama menanamkan rasa hormat pada generasi muda untuk para Lansia. Jangan sampai membuat mereka sebagai beban, sehingga mereka bisa merasa bahagia dan sehat,” tandasnya.

Dalam kegiatan Halun yang diadakan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Borobudur, Menteng, Jakpus, para lansia menunjukan kebolehan dengan menampilkan tarian, paduan suara, acara tersebut ditutup dengan kampanye makan buah bersama.

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait