Minggu Ini, Rembuk RW Jakpus Berlangsung

Suku Badan Perencanaan dan Pembanggunan Kota Administrasi Jakarta Pusat (Subanppeko Jakpus) Ahmad Saelani. Foto: pusat.jakarta.gi.id

Jakarta Pusat, -- Suku Badan Perencanaan dan Pembanggunan Kota Administrasi Jakarta Pusat (Subanppeko Jakpus), Ahmad Saelani mengatakan, rembuk RW di wilayah Jakarta Pusat mulai dilakukan Minggu ini dan usulan dari warga nantinya akan dibawa ke musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan.

Saelani menambahkan ada 388 RW yang akan melangsungkan rembuk dan ditargetkan selesai seluruhnya pada akhir Januari.

"Jakarta Pusat sebenarnya ada 389 RW. Tetapi di Kelurahan Karang Anyar ada satu RW rusun yang direhab total, dan sementara ini RW tersebut non aktif," Saelani mengungkapkan, saat ditemui di kantornya, Rabu (9/1).

Saelani menjelaskan, Rembuk RW dilakukan sebelum nantinya berlanjut pada Musrenbang tingkat kelurahan pada minggu kelima Januari 2019 hingga minggu kedua Februari 2019. Kemudian pada minggu ketiga Februari 2019 sampai minggu pertama Maret 2019 dijadwalkan Musrenbang kecamatan.

Lalu, lanjutnya, hasil dari tiap Musrenbang berlanjut dibawa ke tahap konsultasi publik di minggu kedua Maret 2019. Pasca-tahapan konsultasi publik, akan dijadwalkan forum UKPD pada minggu kedua dan ketiga Maret 2019 untuk memvalidasi dan mematangkan usulan sebelum nantinya berlanjut ke Musrenbang tingkat kota. 

Saelani menambahkan, Musrenbang tingkat kota dijadwalkan pada minggu ketiga dan keempat Maret 2019. "Musrenbang dilaksanakan secara berjenjang. Kalau di tingkat kota sebelum Musrenbang kota akan dilaksanakan forum UKPD," jelasnya.

Menurut Saelani, ini salah satu bentuk perencanaan partisipatif yang melibatkan masyarakat dalam upaya mengidentifikasi masalah, kebutuhan dan menentukan serta menyepakati usulan. Namun tidak lupa memperhatikan skala prioritas masalah di lingkungannya masing-masing. (as)

 

Kominfotik JP/Christ

 

 

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait