Mudik Lebaran, 250 Tagana Siap Berjaga di Wilayah Jakpus

Apel Kesiapan Taruna Siaga Bencana (Tagana). Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Kepala Sudin Sosial Jakarta Pusat, Prayitno berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya pasti ada bencana saat permukiman sepi ditinggal mudik oleh para penduduknya. Salah satunya kebakaran.

Dalam hal ini pihaknya tetap menyiagakan Taruna Siaga Bencana (Tagana). Hal tersebut untuk memberikan bantuan penanganan awal jika ada bencana di wilayahnya.

"Relawan selalu siap. Mereka memliki pengetahuan dan wawasan dalam menangani bencana," ucap Prayitno, ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (28/5).

Prayitno memaparkan, menjelang dan setelah lebaran ada 250 relawan Tagana berjaga. Memang kehadirannya sangat membantu untuk mem-backup wilayah dengan maksimal. Terlebih Jakarta Pusat adalah ring satu pemerintah tentu penanganan harus maksimal.

"Mereka berjaga dengan suka rela tanpa digaji dan harus stand by telpon seluler agar jika diperlukan bantuan dapat segera meluncur ke lokasi kejadian," jelasnya.

Tagana, kata Prayitno, telah dibekali peralatan penaganan bencana yang ada di kantor-kantor kelurahan dan kecamatan. Yakni, seperti tenda pengungsian dan perlengkapan dapur umum. Hal tersebut untuk penanganan gawat darurat.

"Jika ada kebakaran tugas Tagana membuat dapur umum dan pendataan pengungsi. Bentuk pelayanan sosial bagi warga yang terkena musibah dan bencana," tandasnya. (As/Stk)

 

 

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait