Otda Diharapkan Perkuat Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah

Apel Peringatan Otonomi Daerah (Otda) ke-23 tahun, di Plaza Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kamis (25/4). Foto: Git/Ran

Jakarta Pusat, -- Hari Otonomi Daerah (Otda) yang jatuh pada hari ini, diharapkan dapat memperkuat hubungan pemerintah pusat dan daerah.

Hal ini diungkapkan, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, usai menggelar Apel Peringatan Hari Otda ke-23 tahun, di Plaza Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kamis (25/4).

Menurutnya, dengan adanya Otda pemerintah daerah dapat mengurus kebijakan rumah tangganya sendiri. Sehingga mendorong kemajuan daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah, pemerataan, dan pengelolaan potensi keberagaman daerah yang lebih baik.

“Ibaratnya seperti hubungan keluarga antara anak dengan orang tua. Anaknya diberikan kebebasan mengurus rumah tangga, sama seperti daerah yang diberikan kewenangan untuk mengurus rumah tangganya oleh pemerintah pusat,” terangnya.

Bayu mengharapkan hubungan pemerintah pusat dan daerah tetap terjaga dengan baik. Sebab, sebagai pusat pemerintahan, pemerintah daerah harus terus bersinergi.

Ada dua layanan, lanjut Bayu, yang harus diberikan Pemda kepada warganya. Seperti, layanan dasar yang menjadi kewenangan Pemda, serta layanan concurrent antara pemerintah pusat dan daerah.

“Dengan peringatan hari Otda ini kita harapkan hubungan pemerintah pusat dan daerah lebih meningkat lagi,” tandasnya. (As/Stk)

 

 

 

Kominfotik JP/NEL/Christ 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait