PKK Jakpus Optimis Pertahankan Gelar Juara Tertib Administrasi PKK Nasional

Jakarta Pusat, -- Tim Pengerak (TP) Peningkatan Kesejahtraan Keluarga (PKK) Jakarta Pusat (Jakpus) mengaku optimis dapat mempertahankan gelar juara Tertib Administrasi PKK tingkat nasional.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Sekretaris TP PKK Jakarta Pusat, Elok Nisawati. Dengan modal menjadi juara berturut-turut pada perlombaan tertib administrasi PKK nasional sebelumnya ditahun  2013 dan 2014 membuat pihaknya yakin dapat mempertahankan gelar juara. Pada perlombaan tahun 2013 Jakpus meraih Juara 2 yang diwakili Kelurahan Rawasari, Sementara tahun 2014 dinobatkan sebagai Juara Umum untuk lomba yang sama diwakili Kelurahan Bungur.

"Sudah dua tahun tidak dapat juara di tingkat nasional karena tidak boleh, dua tahun harus berhenti dulu, untuk ke depannya baru boleh ikut. Alhamdulilah kita PKK Jakpus masuk lagi ke tingkat nasional. Kami optimis juara lagi," ungkap Elok, Jumat (14/7).

Setelah melewati seleksi berjenjang dari 44 kelurahan yang ada Jakarta Pusat, lanjut Elok, Kelurahan Cideng berhasil mewakili DKI Jakarta untuk melaju ke tingkat nasional. Kelurahan Cideng dinilai memenuhi kriteria penilaian tertib administrasi PKK dalam hal pengelolaan surat menyurat, baik surat masuk maupun keluar.

"Penilaiannya, kami harus tertib administrasinya mulai dari pendataan surat-surat yang diarsipkan tiga tahun ke belakang yang datang dari SKPD, TP PKK Provinsi, dan CSR yang bekerjasama. Jadi kegiatan kita tiga tahun ke belakang itulah yang menjadi tertib adminitrasi," terang Elok.

Pihaknya juga menambahkan, saat ini administrasi terkait pengagendaan surat-surat sudah didukung komputerisasi berbasis online yang mempermudah dalam penyimpanan dan pencarian.

"Kami juga sudah berbasis online. Mulai pendataan Dasawisma dan pembuatan buku kegiatan sudah online. Pada saat Juara 2 dan Umum, proses administrasi dalam pembukuan yang kita lakukan belum online, tapi sekarang lebih maju selangkah dari 2013 dengan system online," tambahnya

Selain mengikuti lomba, para peserta Lomba PKK ini dapat memahami satu sama lain  mengenai gambaran sistem PKK dimulai dari kader paling bawah, serta untuk mempercepat program yang sudah ada dan akan dilakukan.

"Itulah gunanya lomba tertib administrasi di sini sudah sesuai dengan alur ketentuan dari PKK pusat," tandasnya.

 

 

Kominfotik JP/Chs/NEL

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait