PPSU Petojo Selatan Menabung Sampah

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Petojo Selatan, sedang menimbang sampah di kantor Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (7/1). Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Berbagai upaya terus dilakukan guna mengurangi volume sampah di Ibukota dengan melibatkan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk melakukan pemilahan sampah, di Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

“Dengan jumlah 58 petugas PPSU setiap hari melakukan pemilahan sampah di wilayah kerjanya masing-masing. Jenis sampahnya seperti botol plastik, besi, kertas dan apa saja yang bisa didaur ulang," jelas Lurah Petojo Selatan, Mohamad Arief, saat ditemui di kantornya, Senin (7/1).

Menurutnya, setiap petugas PPSU rata-rata bisa mengumpulkan sampah antara 3-5 kilogram setiap minggunya. Mereka setiap hari bergantian ada yang bertugas membersihkan sampah yang dikumpulkan untuk kemudian dikirim ke pengepul, dihargai Rp 1.200 per kilogramnya.

"Nanti hasil uang dari menabung sampah dibagi setiap bulan. Per orang ya relatif dapatnya, antara Rp 10 ribu sampai Rp 50 ribu," pungkasnya. (as)

 

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait