PPSU Siap Bantu Petugas Pemadam Kebakaran

Jakarta Pusat, -- Informasi yang cepat diterima oleh petugas pemadam kebakaran dan kesigapan masyarakat dalam memadamkan titik awal api kebakaran dapat mencegah terjadinya kebakaran yang lebih besar. Sosialisasi dan pelatihan pencegahan kebakaran kepada PPSU Kelurahan Duri Pulo  di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Melati Duri Pulo (27/4) oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat merupakan salah satu cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penanggulangan kebakaran.

Kepala Dinas (Kadis) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Subejo yang turut menyaksikan pelatihan pemadaman kebakaran di RPTRA Melati Duri Pulo mengatakan, sosialisasi pelatihan semacam ini akan terus dilakukan di semua wilayah secara berkala dan teratur kepada masyarakat umum, pengelola gedung perkantoran, maupun pelajar di sekolah-sekolah.

“Sosialisasi dan pelatihan pemadaman kebakaran sangat bermanfaat. Karena, jika terjadi musibah kebakaran, masyarakatlah yang harus merespon lebih dahulu sebelum petugas datang,” katanya.

Satu persatu anggota PPSU Kelurahan Duri Pulo mempraktekkan alat konvensional yaitu dengan karung basah dan alat pemadam api ringan (APAR) untuk mematikan kobaran api yang dipandu oleh instruktur pemadam kebakaran, Martondang. “Perhatikan arah angin dan semprot langsung ke sumber api”, tegasnya.

Masih di lokasi yang sama, Mohtar, Kepala Seksi Operasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat mengatakan bahwa PPSU selalu ada di tengah masyarakat, maka tepat jika sosialisasi dan pelatihan diberikan kepada mereka. “ Karena PPSU selalu ada di tengah masyarakat dan mereka pun telah mendapat sosialisasi dan pelatihan, maka jika terjadi kebakaran respon pun akan cepat pula dilakukannya,” katanya.

Dalam pelatihan penggunaan alat konvensional pemadam kebakaran, terlihat Lurah Duri Pulo, Clara Sumintaria ikut mempraktekan pemadaman api menggunakan karung basah. "Ini ilmu praktek langsung sangat bermanfaat bagi kami terutama kepada 40 PPSU Kelurahan Duri Pulo," ujarnya.

Turut hadir Camat Gambir, Fauzi, mendampingi Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta memantau pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan pemadam kebakaran di RPTRA Melati Kelurahan Duri Pulo. (Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait