PSN dan 3M Plus Cara Cegah DBD

Kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) periksa penampungan air pada dispenser. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi meminta kepada seluruh kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) untuk meningkatkan pengawasan jentik nyamuk di rumah warga.

"Para kader Jumantik harus lebih meningkatkan pengawasan. Jangan sampai ada warga terkena gigitan nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD)," ucap Irwandi, saat di wawancara di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (19/3).

Irwandi menambahkan, kader Jumantik harus memeriksa tempat nyamuk sering bersarang. Selain pemeriksaan kamar mandi warga, juga tempat penampungan air pada dispenser.

Untuk diketahui, mencegah DBD perlu terus dilakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M Plus. 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan dengan menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain. (As/Stk)

 

 

Kominfotik JP/Christ/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait