Pasca Lebaran Dukcapil Jakpus Gelar Biduk

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Pusat akan menggelar operasi Bina Kependudukan (Biduk) pasca Lebaran. 

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Pusat, Remon Mastadian mengatakan operasi Biduk ini akan digelar dua minggu pasca Lebaran.  

"Iya betul kita akan gelar Biduk nanti dimulai tanggal 28 Juni hingga November," singkat Remon saat di wawancarai, Kamis (21/6) 

Remon menjelaskan Binduk bertujuan untuk mendata para pendatang yang masuk pada saat arus balik untuk mencari peruntungan. Menurutnya, jika para pendatang ini sudah mempersiapkan surat pindah dari daerah asalnya. Maka, mereka dapat diberikan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). 

"Mereka harus membawa surat kepindahan, lapor ke RT, RW, kemudian Kelurahan dan Kecamatan yang nanti akan diproses dibuatkan KTP DKI," ucapnya.

Sementara itu, jika warga tidak melengkapi surat kepindahan, mereka akan diberikan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS). 

"Ada 3 lokasi rawan pendatang baru seperti Tanag Abang, Kemayoran dan Senen. Diharapkan dengan Biduk ini dapat menyadarkan warga pentingnya administrasi kependudukan. 

Kominfotik JP/Chs/NEL 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait