Pegawai Kelurahan dan Kecamatan Jangan Coba-Coba Main Absensi

Jakarta Pusat, -- Aparatur Sipil Negara/Pegawai di lingkungan kelurahan maupun kecamatan jangan sekali-kali main dengan absensi artinya jangan sampai ada ASN yang memanipulasi/menyiasati e-absensi untuk kehadirannya di mesin absensi,  karena kalau sampai ada yang memanipulasi/menyiasati absensi yang rugi ASN itu sendiri. 

" Jangan coba -coba pegawai main absen,  kalau TKD nya tidak mau di potong,  tandas Asisten Pemeritahan Jakarta Pusat,  Budiroso saat melakukan inpeksi mendadak (Sidak) ke kelurahan  Menteng, Kec.Menteng dan Kel. Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat Kamis (15/11).

Dalam Sidak tersebut Asisten Pemerintahan di dampingi Ka. Bag Kepegawaian Tatalaksana dan Pelayanan Publik (KTPP),   Devi Riana Sumanthi serta dari unsur Suban Kepegawaian JakPus dan Inpektorat. 
Sidak ini dilakukan untuk melakukan pembinaan terhadap pegawai agar mereka tidak melakukan pembohongan absensi, jelas Budi.

Menurut Budi,  jika ditemukan ada pegawai yang memanipulasi/menyiasati kehadiran sesuai dengan Pergub 409 tahun 2016 tentang TKD Pasal 76 ayat 3 , maka pegawai tersebut tidak mendapatkan TKD selama 1 bulan,  makanya jangan sekali kali main dengan absensi,  ulang Budiroso.

Ka. Bagian Kepegawaian, Tatalaksana dan Pelayanan Publik (KTPP),  Devi Riana Sumanthi minta kepada Para Lurah untuk mempassword mesin absensinya dan membuat daftar hadir manual disamping mesin absensi untuk memudahkan pengecekan kehadiran PNS dan disarankan jika mesin absensi yang dimiliki saat ini sudah kurang sesuai dengan kebutuhan ( hanya bisa rekam sidik jari ) supaya diganti,  agar saat pegawai melakukan absensi bisa terbaca.  Karena saya lihat ada beberapa pegawai saat dicoba untuk melakukan absensi sidik jarinya tidak terbaca sehingga ia melakukannya berulang-ulang, jelas Devi.

Saya sarankan untuk membeli mesin absensi yang ada perekaman retina matanya,  supaya pegawai yang sulit merekam absensi lewat sidik jari bisa menggunakan retina matanya, ujar Devi.

Alhamdulillah, dalam sidak di dua tempat tersebut tidak ada pegawai yang memanipulasi absen, berarti disiplin pegawai di kelurahan Menteng dan Kebon Kelapa cukup baik dan ini harus dipertahankan terus, ujar Devi mengakhiri.


Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait