Pembinaan Budaya Betawi untuk Selamatkan Ondel-ondel

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kebudayaan Jakarta Pusat Moh Nurdin. Foto: Chr

Jakarta Pusat, -- Pasca dipecahnya Dinas Parwisata dan Kebudayaan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, memberikan keuntungan bagi budaya lokal khusus kebudayaan Betawi.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kebudayaan Jakarta Pusat Moh Nurdin menuturkan, saat ini pihaknya masih menyesuaikan berbagai kegiatan dengan kecamatan dan instansi lainnya dalam pembinaan sejumlah budaya Betawi.

"Tujuan sinkronisasi (penyesuaian) untuk memperkenalkan seni budaya, menghibur masyarakat dan mengguyubkan silaturahmi antar masyarakat. Intinya kita membuat suatu kegiatan kebudayaan lebih menarik lagi. Nanti akan ada pembinaan budaya Betawi untuk dapat menggali potensi masyarakat," tuturnya saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (5/2).

Selain itu, lanjutnya, juga akan memfokuskan pembinaan kesenian ondel-ondel yang kerap disalahgunakan untuk 'ngamen'. "Tahun 2021 kita akan merancang kesenian ondel-ondel harus kita selamatkan. Tidak boleh kesenian ondel-ondel buat ngamen," katanya.

Ke depan, tambah Nurdin, pihaknya akan memberikan pembinaan dan pelatihan memainkan alat musik pengiring tarian ondel-ondel dan gerakan pementasan ondel-ondel.

"Bahkan, ke depan kita akan bikin kompetisi membuat ondel-ondel," pungkasnya. (As)

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait