Pembuatan Saluran di Tujuh Kecamatan Rampung

Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat (Sudin SDA Jakpus) telah merampungkan pengerjaan pembuatan saluran baru di 18 titik di tujuh Kecamatan se-Jakarta Pusat. Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat (Sudin SDA Jakpus) telah merampungkan pengerjaan pembuatan saluran baru di 18 titik di tujuh Kecamatan se-Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) SDA Jakarta Pusat, Saiful mengatakan, pengerjaan pembuatan saluran baru telah rampung. Seluruh pembangunan saluran berdasarkan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018.

"Pengerjaannya dimulai dari Juli sampai Desember ini dan semua sudah rampung," terang Saiful, saat diwawancarai di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1, Gambir, Senin (30/12).

Saiful menambahkan, saluran dibuat ini ada yang baru atau sebelumnya tidak punya saluran, dan saluran lama yang dilebarkan. Jajaranya juga mengalami hambatan seperti banyaknya kabel utilitas, PAM, dan tiang listrik. 

"Tapi semuanya dapat teratasi. Dan sekarang dalam tahap pemeliharaan," terangnya.

Sementara itu, Kasie Pembangunan Sudin SDA Jakarta Pusat, Abdul Raup Gaffar menuturkan bahwa ukuran saluran sebelumya 20x20 centimeter. Dan saat ini menjadi 60x60, 80x80, dan 100x100 centimeter. 

"Semuanya menggunakan u-Ditch dan ditutup plat beton. Berbedanya ukuran saluran karena menyesuaikan lingkungan," ucapnya. 

Abdul Raup menjelaskan, beberapa titik yang dilakukan pembuatan saluran. Seperti di Kecamatan Gambir ada empat titik, Kecamatan Senen dua titik, Cempaka Putih satu titik, Kecamatan Tanah Abang ada satu titik, Kemayoran ada tujuh titik, Sawah Besar ada satu, Kecamatan Menteng ada dua titik. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait