Pemenang Kompetisi Seni Teater Dapat Uang Pembinaan

Para pemenang Kompetisi Seni Teater Tingkat Umum dan Pelajar, di Gedung Miss Tjitjih, Kemayoran, Jakarta Pusat, SeninĀ (30/9) malam. Foto: Day

Jakarta Pusat, -- Para pemenang Kompetisi Seni Teater Tingkat Umum dan Pelajar mendapatkan uang pembinaan, piala, dan piagam. Pemberian piala dan uang pembinaan tersebut dilakukan oleh Kepala Unit Pengelola Gedung Pertunjukan dan Seni Budaya (UP-GPSB) Dinas Parbud DKI Jakarta, Sumartono, saat menutup kegiatan Apresiasi dan Kompetisi Seni Teater tingkat Umum dan Pelajar di Gedung Miss Tjitjih, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (30/9) malam.

Para pemenang kompetisi seni teater mendapatkan uang pembinaannya berfariasi mulai Rp5.000.000 hingga Rp15.000.000,-. Tergantung jenis kompetisinya yang diikuti baik itu perorangan maupun grup.

Kepala UP Gedung Pertunjukan dan Seni Budaya (UP-GPSB) Dinas Parbud DKI Jakarta, Sumartono  mengatakan, sangat mengapreasiasi sekali ajang kompetisi seni teater yang digelar Sudin Parbud Jakpus. Ini merupakan salah satu upaya mengantisipasi serta mencari solusi untuk melestarikan dan meningkatkan budaya, warganya juga terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua, jelasnya.

“Di Jakarta di dalamnya hidup berbagai elemen masyarakat yang berbeda asal usul dan budayanya, sekaligus menerima budaya yang datang dari berbagai negara lain dengan karakteristik yang jauh berbeda. Maka peranan Parbud di sini sangat dibutuhkan guna pembinaan dengan berbagai cara nilai-nilai budaya pribumi tetap hidup menyertai budaya pendatang, sehingga kelak generasi penerus mampu menyaring nilai-nilai budaya asing yang bertentangan dengan nilai budaya sendiri,” ujar Sumartono.

Kepala Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Pusat, Sonti Pangaribuan didampingi Kasie Kebudayaan, Sinta Mutiara Sari menambahkan ajang kompetisi Seni teater yang diikuti 25 grup dengan jumlah peserta 875 orang, setelah diadakan kurasi menjadi 16 grup dengan jumlah peserta 560 orang terdiri dari umum dan pelajar.

“Pelaksanaan ajang seni teater untuk tingkat pelajar berlangsung tanggal 16 sampai dengan 19 September 2019 sedangkan untuk tingkat umum berlangsung tanggal 20 sampai dengan 30 September 2019, semua berjalan lancar,” tutur Sonti.

“Ajang Seni teater bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pelajar dan masyarakat yang tergabung dalam sanggar atau organisasi kesenian berekspresi sekaligus menjaga eksistensi dan keberadaan seni teater,” ujarnya.

Dalam ajang kompetisi seni teater ada dua kelompok pemenag yaitu kelompok group terbaik I sampai III dan kelompok perorangan dengan 11 katagori di antaranya sutradara terbaik, naskah terbaik, pemeran dan pria terbaik, pemeran pembantu wanita dan pria terbaik, penata tari terbaik, penata rias terbaik, penata musik terbaik, penata busana terbaik, dan penata artistisk terbaik.

“Mereka yang Juara I sampai II masing-masing mendapatkan hadian berupa uang pembinaan, piala dan piagam serta berhak mewakili Jakarta Pusat untuk maju ke Tingkat Provinsi DKI Jakarta,” tutup Sonti. (As/Stk)

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait