Pemkot Jakpus Kembali Pasar Takjil

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali melakukan pengawasan jajanan berbuka puasa atau takjil dari campuran zat berbahaya di Pasar Benhil, Jalan Benhil Raya, Benhil, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (16/6).

Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin mengatakan, kegiatan ini rutin setiap bulan Ramadan. Langkah ini guna menjamin ketersedian tajil bagi warga dengan kualitas baku mutu yang sesuai standar kesehatan. Tujuannya guna melakukan pengawasan ini untuk mendeteksi jajanan yang mengandung zat berbahaya seperti formalin, metanil yellow, boraks, atau rhodamin B.

"Zat berbahaya sangat tidak direkomendasikan sebagai bahan campuran makanan karena membahayakan kesehatan tubuh," ucap Iqbal.

Setidaknya ada, 20 sampel jajanan baik makanan dan minuman yang diuji, didapati satu jenis jajanan Pacar Cina mengandung rodhamin B. Terhadap makanan itu dilakukan pemusnahan. Sebagai tindaklanjut, pihaknya akan menulusuri dan memastikan dari mana pedagang tersebut mendapat bahan baku makanan tersebut.

"Kami kasih peringatkan pedagang yang bersangkutan tidak boleh menggunakan bahan itu lagi, sudah kita lakukan pemusnahan dan tidak boleh dijual lagi," tutup Iqbal.

(Kominfotik JP Chs)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait