Pemkot Jakpus Tebar Ribuan Ikan Nila di Monas dan Istiqlal

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menebar 30 ribu ikan nila di dua lokasi. Ribuan ikan tersebut di sebar di kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (14/10). Nantinya ikan tersebut dapat dipanen pada pertengahan Januari 2017.

Berdasarkan keterangan Walikota Jakarta Pusat Mangara Padede, penebaran ribuan bibit ikan nila ini memanfaatkan kolam yang ada di Jakarta Pusat.  Pihaknya berencana akan menebar bibit ikan di sejumlah kolam yang ada di Jakarta Pusat dan nantinya masyarakat bisa mengambil ikan itu untuk dikonsumsi, namun dengan cara dipancing.

"Hari ini kita sebar 30 ribu benih ikan. Saat ini kita bagi di dua lokasi, 15 ribu ada di Monas, ,dan 15 ribu di kolam Masjid Istiqlal. Dan kedepan kita juga akan tebar di waduk Kebon Melati, Tanah Abang," ucap Mangara, Jumat (14/10).

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat Bayu Sarihastuti mengatakan pemilihan ikan nila yang disebar ini sesuai dengan keinginan pak Gubernur. Alasannya, jenis ikan ini mudah berkembang biak dan daging lebih tebal dan dalam waktu tiga bulan ikan ini sudah dapat dipanen.

"Untuk pengawasan sendiri akan diserahkan ke pihak Monas dan juga Masjid Istiqlal," tandasnya.

Masih di lokasi penebaran bibit, Kepala Seksi (Kasie) Perikanan KPKP Jakarta Pusat, Anton menerangkan kebiasaan ikan ini tidak perlu mendapat perawatan khusus. Terlebih memberikan pakan terhadap ikan tidak perlu dilakukan apabila lapisan bawah kolam masih tanah.

"Kalau sudah dibeton seperti di kolam Monas harus diberikan pakan tambahan pelet ikan. Lain hal seperti kolam Istiqlal yang bawah kolamnya masih alami tanah, tidak perlu diberikan pakan," jelasnya.

(Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait