Pemkot Jakpus Akan Bongkar Tower XL

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat segera membongkar menara telekomunikasi milik pihak PT XL di Jalan Rawasari Barat 10, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Pembongkaran dilakukan karena banyak warga sekitar yang menolak keberadaan menara dengan ketinggian 30 meter yang telah berdiri 10 tahun.

Menurut Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Yuwendri kepada Kominfomas JP, pembongkaran dilakukan karena Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) tidak mengeluarkan ijin perpanjangan. Tidak diberikan ijin lagi karena warga juga banyak yang mengeluhkan keberadaan menara disana. Pasalnya efek dari menara tersebut cukup besar, seperti kesehatan, keselamatan warga bisa terancam dan warga juga bilang barang elektronik mereka banyak yang rusak.

“Karena tidak mendapat ijin perpanjangan ya kita akan bongkar. Tapi sebelumnya walikota menyurati BPTSP Provinsi DKI Jakarta menanyakan apakah ijin perpanjangan diberikan atau tidak Dan ada balasan, tidak mendapat perpanjangan. Makanya pembongkaran akan dilakukan dalam waktu dekat,” paparnya saat ditemui di Kantor Walikota, Jalan Tanah Abang 1, Jakarta Pusat, Jumat (13/5).

Sebelum dilakukan pembongkaran, pihak kita pernah panggil XL tapi mereka tidak datang. Terus  diberikan Surat Peringatan (SP) 1 hingga segel. Ketika sudah disegel baru perwakilan XL sekitar tiga orang diantaranya Kus Triono mau menemui pihak pemerintah. Dalam pertemuan tersebut, kita kasih waktu mereka agar membongkar menara dalam waktu satu minggu setelah pertemuan, Rabu (11/5).

“Mereka sih bilang sedang mengurus perpanjangan ijin, tapi selama proses pembuatan ijin pembongkaran tetap berjalan,” tegasnya.

Sementara itu, dengan singkat Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede mengatakan pihaknya meminta pembongkaran akan dilakukan. Ia meminta kepada pihak XL untuk membongkar menara tersebut sesuai dengan aturan. Jika tetap tidak membongkar, pihak Pemkot Jakarta Pusat yang membongkar.

“Gini aja, mereka yang mau bongkar atau kita,” tegasnya.  (Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait