Pemkot Jakpus Beri Peluang Pasar Hidroponik

Kasudin KPKP Jakarta Pusat, Bayu Sari Hastuti bersama jajaranya memamerkan sayuran hidroponik, di di Plaza Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat (12/7). Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat terus berupaya memberi peluang bagi pegiat hidroponik di Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA) untuk memasarkan produknya. Salah satunya dengan membuka bazar sayuran hidroponik.

Kasudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Pusat, Bayu Sari Hastuti menerangkan, untuk memasarkan produk hidroponik di RPTRA pihaknya menggelar bazar rutin. Nantinya produk hidroponik RPTRA yang siap panen akan dijual di bazar tersebut.

“Biasanya ganti-gantian, RPTRA mana yang sudah siap panen kita jual. Kita juga minta masa tanamnya tidak sama jadi bisa bergantian,” ungkapnya, usai Senam Primadona, di Plaza Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat (12/7).

Hari ini, kata Kasudin KPKP, ada RPTRA Rustanti dan Jaya Molek yang memasarkan produk hidroponiknya berupa kangkung, bayam, selada dan pokcoy.

Bayu Sari Hastuti menambhkan, selain memasarkan produk hidroponik di bazar, biasanya produk ini langsung dijual di RPTRA. “Tahun ini, kita akan tambah hidroponik, bagi RPTRA yang belum memiliki hidroponik,” tambahnya.

Selain memberikan kesempatan memasarkan produk, Sudin KPKP Jakpus juga melakukan pemantauan rutin guna memastikan sayuran hidroponik terus diproduksi di RPTRA.

Sementara itu, salah satu pengiat hidroponik di RPTRA Rustanti, Okraben menuturkan untuk masa tanam sampai dengan panen dibutuhkan waktu 27-32 hari.

Dia mengaku sangat terbantu dengan adanya bazar ini. Sebab 32 ikat sayuran hidroponik yang dibawanya habis terjual.

“Seneng laris, uangnya bisa kita gunakan lagi untuk kebutuhan di RPTRA seperti membeli bibit baru,” pungkasnya senang. (As/Stk)

 

 

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait