Pemkot Jakpus Berkomitmen Wujudkan Kota Layak Anak

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) terus berkomitmen mewujudkan Jakpus sebagai Kota Layak Anak (KLA). Berbagai program pemerintahan yang berbasis kesejahtraan anak telah dijalankan.

Wali Kota Jakpus, Bayu Meghantara mengungkapkan, komitmen Jakpus mewujudkan KLA dibuktikan dengan dibentuknya forum anak di 44 kelurahan dan 8 kecamatan, dan 1 ditingkat kota. Keberadaan forum anak ini menjadi wadah bagi anak untuk menyalurkan aspirasi mereka. Bahkan dalam setiap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang diadakan, forum anak selalu dilibatkan dalam menentukan program dan kebijakan pemerintah.

“Saat ini mereka bukan sebagai objek, tetapi subjek untuk merumuskan kegiatan maupun program berbasis KLA,” ungkapnya saat menerima tim verifikasi Kota Layak Anak (KLA), Kamis (19/7).

Selain itu, untuk terus mewujudkan program berbasis KLA ini, pihaknya menambah anggaran untuk program-program KLA dari semula Rp 246 m  menjadi Rp 252 m, pembuatan zona anak dan ruang laktasi pada pelayanan kelurahan dan kecamatan, festival olahraga anak. Sebagai bentuk pengakuan negara terhadap anak, saat ini Pemkot Jakpus telah bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan RS swasta membuka layanan pemberian akta kelahiran, Kartu Identitas Anak, Kartu Keluarga.

“Kewajiban Pemkot memberikan jaminan administrasi kependudukan bagi mereka untuk memberikan perlindungan bagi setiap anak,” tandasnya.                                                                           

 

Kominfotik JP/NEL 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait