Pemkot Jakpus Bongkar Belasan Bangunan di Harapan Mulia

Jakarta Pusat, -- Berdiri di atas lahan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi DKI Jakarta, belasan rumah semi permanen dibongkar Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat mengerahkan 150 petugas gabungan dalam penertiban bangunan di Jalan Harapan Mulia Barat, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dari pantauan di lapangan, sebanyak tiga alat berat meratakan satu persatu bangunan yang telah berdiri puluhan tahun. Terlihat beberapa warga yang belum pindah ke Rumah Susun (Rusun) Pinus Elok, Jakarta Timur sibuk mengeluarkan barang mereka.

Dari keterangan Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede yang memimpin penertiban tersebut bahwa lokasi akan dijadikan posko pos Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Lokasi Pembuangan Sampah Sementara (LPSS) Kemayoran.

"Sebelum ditertibkan pihak Pemkot Jakarta Pusat telah sosialisasi kepada warga. Dan warga tidak keberatan pindah dari lokasi milik Pemda DKI Jakarta. Kita tempatkan pos damkar karena wilayah sini sangat padat perumahannya dan ini untuk mengefisienkan pemadaman," terang Mangara dilokasi penertiban di dampingi Camat Kemayoran, Herry Purnama dan Kepala KPAD Jakarta Pusat, Reza Pahlevi, Kamis (1/9) siang.

Sementara itu, Reza Pahlevi mengatakan sebanyak 18 Kepala Keluarga (KK) selama ini menempati lahan milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Selama ini lahan tersebut dijadikan rumah tinggal, tempat penumpukan barang bekas, serta kos-kosan.

"Mereka ini sudah nempati lahan selama 26 tahun. Dan warga telah kita pindahkan ke Rusun yang telah disediakan," ucapnya.

Masih dilokasi yang sama, Camat Kemayoran, Herry Purnama mengatakan warga tidak diberikan uang kerohiman. Pemerintah hanya memberikan rusun Pinus Elok di Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Bagi warga yang punya anak masih sekolah pemerintah juga sudah berikan jalan untuk membantu pemindahan anak mereka.

"Mulai dari anak sekolah, BPJS, pengurusan domisili KTP juga diurus pemerintah," ungkapnya.

 (Christ Kominfomas JP )


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait