Pemkot Jakpus Deklarasi Komitmen STBM

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) mendeklarasikan komitmen Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), di RPTRA Borobudur, Jumat (13/10).

Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede mengungkapkan, komitmen masyarakat terhadap program STBM ini sangat penting dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat. Dimana masyarakat dilibatkan langsung dalam kegiatan STBM untuk berprilaku bersih dengan tidak membuang air besar sembarangan. Menurutnya, selama ini masyarakat dihadapkan berbagai tantangan mengenai higienitas termasuk persoalan sanitasi.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mengintervensi masyarakat dalam rangka memelihara dan menggunakan sanitasi secara sehat dan benar,” ungkapnya.

Pihaknya juga meminta para kader motivator untuk menginformasikan program STBM ini dengan baik kepada masyarakat. Sehingga pesan dari program STBM ini dapat diterima dan ditangkap dengan baik oleh masyarakat.

Kasudin Kesehatan Yudhita Endah menerangkan, program STBM ini merupakan upaya pendekatan pemkot jakpus untuk mengubah prilaku higienis dan sanitasi dengan memberdayakan masyarakat. Menurutnya, ada 5 pilar dalam program STBM ini diantaranya; stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah limbah cair rumah tangga.

“Dari 5 pilar itu, untuk wilayah Jakpus kita fokus pada upaya stop buang air besar sembarangan. Sehingga, dengan adanya komitmen ini tidak adalagi yang buang air besar sembarangan di Jakpus,” terangnya.

Dari data yang didapatkan pihaknya, sudah ada 17 kelurahan yang telah melakukan sosialisasi dan pemicuan terhadap program STBM ini diantaranya; Kecamatan Gambir sebanyak 6 Kelurahan, Kecamatan Menteng 5 Kelurahan, Kecamatan Cempaka Putih 2 Kelurahan, Kecamatan Kemayoran 2 Kelurahan, Kecamatan Johar Baru 2 Kelurahan. Pihaknya mengharapkan agar kelurahan maupun kecamatan yang belum melakukan sosialisasi dan pemicuan program ini segera melakukan sosialisasi dan pemicuan.

“Para Lurah dan Camat diharapkan segera menggerakan program STBM ini sehingga masyarakat dapat berprilaku hidup bersih dan sehat,” tandasnya.

Dalam kegiatan deklarasi komitmen STBM ini, diisi dengan lomba yel antar Pusekesmas Kecamatan se Jakpus, tanda tangan komitmen, dan penerbangan balon.

 

Kominfotik JP/NEL/Day

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait