Pemkot Jakpus Dukung Pengutamaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, Kepala Pengendalian dan Pengharagaan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bersama jajaran. Foto: PKLUNJ

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus) mendukung program penguatamaan bahasa negara di ruang publik.

Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi saat sosialisasi pengutamaan bahasa negara di ruang publik, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (16/9).

Menurutnya, bahasa Indonesia yang merupakan bahasa negara menjadi identitas bangsa yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Pengunaan bahasa Indonesia juga dapat menguatkan daya saing bangsa, maka sudah seharusnya lembaga pemerintah dan lembaga pendidikan mendukung program pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik.

“Pemkot Jakpus sangat mendukung program ini dan siap membantu melakukan pemantauan penggunaan bahasa tersebut,” ungkapnya.

Irwandi memaparkan, penggunaan bahasa asing di Jakarta masih terlihat dikalangan generasi milenial. Di mana dalam percakapan sehari-hari mereka mengunakan bahasa Inggris. Menurutnya, ada khawatiran jika mengunakan bahasa Indonesaia tidak milenial lagi.

“Harusnya kita bisa mencontoh Jepang yang bangga mengunakan bahasa negaranya. Anak-anak milenial di sana tetap terlihat milenial meski mengunakan bahasa negara asalnya,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Pengendalian dan Pengharagaan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Sutejo menerangkan sosialisasi ini dalam rangka mendorong masyarakat bersikap positif, setia, dan sadar pada bahasa Indonesia. Di mana dalam pengunaanya harus taat pada kaidah dan norma bahasa yang ada.

“Kita berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat menumbuhkan kecintaan dan sikap positif masyarakat akan bahasa Indonesia. Karena masih banyak pengunaan bahasa asing di pusat perbelanjaan,” tandasnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait