Pemkot Jakpus Gelar Bimtek Pemotongan Hewan Kurban

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemotongan hewan kurban kepada para panitia pemotongan hewan kurban di 8 kecamatan yang ada di wilayah Jakpus, Selasa (22/8)

Sekertaris Kota (Sekko) Jakarta Pusat (Jakpus) Iqbal Akbarrudin mengungkapkan kegiatan bimtek yang dilakukan ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada panitia pemotongan hewan kurban mengenai tata cara pemilihan hewan kurban yang baik, hingga proses pemotongan yang sesuai dengan syariat islam. Sehingga, kualitas daging kurban yang akan diberikan kepada masyarakat dalam kualitas baik dan halal.

“Dengan adanya Bimtek ini kita menyamakan pengetahuan, persepsi dari para nara sumber dan panitia mengenai pemotongan hewan kurban yang halal,” ungkapnya. didampingi Kasudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Bayu Sari Hastuti, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bakwan Ginting.

Selain memberikan pengetahuan tentang tata cara penyembelihan hewan sesuai syariat, Bimtek ini juga bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai penyakit pada hewan kurban yang biasa ditemui seperti, penyakit antraks, cacing hati dan bibir lepuh pada hewan serta sanitasi.

“Penyakit ini penyakit yang berbahaya dan dapat menular ke tubuh manusia melalui daging yang dibagikan. Maka dari itu pengetahuan ini sangat penting,” terangnya.

Pihaknya juga menegaskan akan melakukan monitoring bersama Sudin KPKP Jakpus terhadap kualitas hewan kurban yang dijual kepada masyarakat dalam waktu dekat hingga h-2 Idul Adha nanti. Pihaknya juga akan mengandeng dokter hewan serta tim dari Institut Pertanian Bogor  (IPB). Monitoring yang akan dilakukan ini meliputi pemeriksaan kesehatan hewan, dan pemeriksaan sanitasi hewan kurban.

“Ada beberapa titik di Jakpus yang akan kita monitoring, kita juga dibantu tim IPB, tahun lalu ada 165 titik yang dimonitor. Untuk tahun ini sasarannya tidak jauh berbeda dari tahun lalu,” tandasnya.

 

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait