Pemkot Jakpus Gelar Lomba Kasidah dan Hadrah

Pemkot Jakpus gelar lomba bernuansa religi, di Gedung Miss Tjitjih, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (5/8). Foto: Ran

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar Lomba Kasidah, Hadroh, Marawis, Nasyid, dan Pop Akustik. Untuk meningkatkan wawasan terhadap kesenian yang bernuasa religi bagi pelajar dan grup kesenian di wilayah Jakarta Pusat.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi mengatakan, kegiatan lomba bernuansa religi sangat baik untuk syiar agama Islam dan meningkatkan Ukhuwah Islamiyah. Selain itu juga kegiatan ini dapat meningkatkan apresiasi warga dalam perkembangan kesenian dan budaya. 

"Kita hidupkan kembali Gedung Miss Tjitjih untuk membina kesenian yang ada di wilayah Jakarta Pusat khususnya di Miss Tjitjih," jelas Irwandi saat membuka kegiatan lomba bernuansa Religi, di Gedung Miss Tjitjih, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (5/8).

Menurutnya, lomba bernuansa religi ini merupakan kesenian syiar Islam yang dikaitkan dengan kebudayaan Betawi yang bercampur Arab yang ada di masyarakat seperti di majelis taklim dan remaja masjid. 

"Diharapkan para remaja supaya bisa kasidah, marawis maupun hadroh supaya kegiatan bernuansa religi khususnya agama Islam bisa syiar dan dapat meningkatkan Ukhuwah Islamiyah," tambah Irwandi.

Sementara itu, Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Pusat, Sonti Pangaribuan menambahkan, kegiatan apresiasi dan lomba kesenian nuansa religi merupakan kegiatan lomba yang dilaksanakan secara berjenjang dengan jenis cabang yang dilombakan meliputi Kasidah, Marawis, Nasyid, Hadroh, dan Pop Akustik.

"Masing-masing jenis lomba diikuti 24 grup se-Jakarta Pusat selama lima hari (5-9 Agustus 2019) dan tim juri merupakan pemerhati kasidah, hadroh, nasyid, marawis, dan pop akustik yang sudah berpengalaman," tandasnya. (As/Stk)

 

 

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait