Pemkot Jakpus Gelar Pekan Imunisasi Rubella

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Jakarta Pusat menggelar penggalangan komitment imunisasi nasional Measles Rubella (MR) di seluruh sekolah di Jakarta Pusat. Pekan imunisasi MR ini dalam rangka mencapai Indonesia bebas Rubella pada 2020 mendatang.

Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede mengatakan kegiatan ini merupakan lanjutan dari pencanangan bapak Presiden RI Joko Widodo di Yogjakarta beberapa waktu. Kemudian di ikuti DKI Jakarta kemarin dan sekarang tingkat Jakarta Pusat.

"Imunisasi ini tujuannya untuk mencegah anak kena Rubella. Semua imunisasi ini gratis dan para orang tua tidak perlu khawatir karena pemerintah sudah mengkaji," ucapnya di sela - sela penggalangan pekan imunisasi tingkat kota di SMPN 77, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (3/8).

Sementara itu, Kasudinkes Jakpus Yudhita Endah menerangkan, sasarsasar imunisasi MR ini adalah anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun dengan target pemberian vaksin sebesar 25.196 botol vial. Kegiatan pekan imunisasi ini akan berlangsung sejak Agustus hingga September.

"Agustus ini kita akan melakukan pekan imunisasi MR ini di sekolah-sekolah yang ada di Jakpus, untuk itu kita sudah melakukan kordinasi dengan Sudin Pendidikan wilayah 1 dan  2. Sementara September nanti, pekan imunisasi MR pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) seperti posyandu dan puskesmas," ucapnya. 

Target sasaran di Jakarta Pusat mencapai 200 ribu orang. Jumlah sekolah yang masuk dalam kegiatan ini mencapai 890 di Jakarta Pusat. Diikuti dengan posyandu mencapai 491 dan pos lainnya 52.

Program pekan imunisasi MR ini, lanjut dia merupakan program pemutakhiran imunisasi campak yang biasa diberikan pada anak menjadi imunisasi MR. Sehingga, anak yang telah diimunisasi campak sebelumnya harus tetap mendapatkan imunisasi MR. Salah satu bahaya dari penyakit MR ini dapat membuat cacat pada anak

"Tentunya dengan adanya kegiatan ini, para orang tua dapat membawa anak mereka untuk diimunisasi," katanya. 

Sejumlah RS rujukan pun telah ditentukan, bila anak mengalami kejadiaan bawaan setelah melakukan Imunisasi segera bawa anak pada RS rujukan seperti  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kecamatan Kemayoran, RSUD Kecamatan Cempaka Putih, RSUD Kecamatan Tanah Abang, RSUD Kecamatan Johar Baru, RSUD Kecamatan Sawah Besar dan RSPAD Gatot Subroto. 

 

 

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait