Pemkot Jakpus Gelar Sosialisasi SDG’s

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) melalui Suku Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Subanpeko) Jakpus menggelar sosialisasi Sustainable Development Goals (SDG’s) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Jakpus.
 
Kasubanpeko Jakpus, Achmad Saelani, mengungkapkan sosialisasi SDG’s ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi, pemahaman dan pencerahan dari para pembicara mengenai 17 indikator SDG’s. Selain itu, hal ini merupakan komitmen  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan seluruh Wali Kota se-DKI Jakarta yang telah menandatangani komitmen bersama program SDG’s.
 
“Ini adalah langkah Gubernur untuk tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDG’s,” ungkapnya.
 
Sebenarnya, indikator SDG’s ini, lanjut Saelani, perlu dimasukan kedalam Rencana Kerja (Renja) dari masing-masing Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD). Dimana, program Renja yang sesuai dan mendukung pencapaian SDG’g perlu ditandai.
 
“Kita kadang abai, tentang perlunya menandai kegiatan Renja mana saja yang mendukung pencapaian SDG’s. Diharapkan tahun berikutnya, kita bisa susun bersama kegiatan renja yang mendukung SDG’s,” terangnya.
 
Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekko) Jakpus, Iqbal Akbarudin menilai program SDG’s ini seharusnya dapat diintegrasikan kedalam program-program pembangunan, mulai dari pembangunan di level nasional, provinsi, hingga pada pembangunan di tingkat kota. Sehingga, pemahaman yang sama mengenai pencapaian SDG’s di Indonesia ini dapat menyeluruh.
 
Pihaknya mencontohkan, pada pembangunan yang ada di level kelurahan, selama ini para Lurah belum mendapatkan master dari 17 indikator SDG’s ini. Sehingga, para Lurah sendiri belum mendapatkan gambaran seperti apa pencapaian dari Indikator tersebut.
 
“Yang saya rasakan, saat ini yang paling tepat adalah menentukan dan menyamakan goalnya terlebih dahulu, sehingga lebih terstruktur dan sistematis. Sehingga, kita mendapatkan gambaran menyeluruh tentang pembangunan berdasarkan SDG’s. Sehingga bisa diimplementasikan,” jelasnya.
 
Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait