Pemkot Jakpus Gelar Uji Emisi Gratis

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar uji emisi gratis di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/5) pagi.

Wakil Walikota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengungkapkan, kegiatan uji emisi gratis ini merupakan upaya Pemkot Jakpus mengurangi dampak polusi udara, sekaligus memperbaiki kualitas udara. Menurutnya, hampir 70 persen penyumbang polusi udara di Jakarta berasal dari asap kendaraan. Pihaknya mengharapkan, dengan kegiatan semacam ini masyarakat bisa tahu kualitas pembuangan asap kendaraan mereka.

"Ini juga masuk dalam indikator adipura untuk melihat kualitas udara yang ada di Jakarta Pusat, ketika dicek pemilik jadi tahu kondisi gas buang kendaraan mereka," ucapnya, Selasa (16/5).

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Marsigit menerangkan, dari hasil uji emisi yang telah dilakukan ini, kendaraan yang tak lulus uji emisi didominasi oleh kendaraan Dinas. Hal tersebut nantinya bisa menjadi rekomendasi agar sesegera mungkin dilakukan perbaikan.

"Mungkin saringan olinya yang kotor dan semacamnya, tapi bagus ini jadi pengecekan karena nanti perbaikan kendaraan memang kontrak langsung ATPM," tutupnya

Dari pantauan dilapangan puluhan petugas gabungan, Polisi. Satpol, Dishub terlihat sibuk mengarahkan kendaraan pribadi, Dinas dan umum untuk masuk ke lokasi tempat pemeriksaan. Setidaknya ada empat baris tempat pengujian kendaraan baik premium dan solar.

 

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait