Pemkot Jakpus Minggu Ini Gelar HBKB, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Administrasi Kota Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting. Foto: Nar

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Adminstrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus) akan menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Suryopranoto, Gambir, Jakarta Pusat, pada Minggu (16/2) mendatang.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Administrasi Kota Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting mengatakan bahwa kegiatan HBKB ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan dalam setiap bulan.

"Ada delapan kecamatan se-Jakarta Pusat. Dalam bulan ini akan digelar di Jalan Suryopranoto yang masuk Kecamatan Gambir. Nanti bulan depannya berpindah lagi ke kecamatan lainnya," terang Bakwan Ferizan Ginting usai Rapat Pelaksanaan di Jalan Suryopranoto, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (10/2).

Menurutnya, pelaksanaan HBKB ini telah ditetapkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 12 Tahun 2016 tentang pelaksanaan HBKB. Bakwan Ferizan Ginting menambahkan, banyak manfaat dari HBKB seperti, sebagai ruang interaksi warga dan menekan polusi udara.

"Nanti di kegiatan HBKB akan ada pagelaran kesenian, permainan anak-anak seperti, fly fox, tes kesehatan, dan kegiatan lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat M Sholeh mengatakan, jajaranya akan mengerahkan 60 petugas. Selain itu, ada beberapa titik ruas jalan yang ditutup dan dialihkan.

"Arus kendaraan dari Jalan Majapahit dan Jalan Veteran dialihkan melalui Jalan Hasyim Ashari. Kemudian Jalan Kyai Caringin dan Jalan Cideng Barat dialihkan melalui Jalan Hasyim Ashari," terangnya.

Masih kata Sholeh, mengenai trayek bus ada yang dialihkan. Seperti, rute trayek bus Cimone melalui Jalan Tanah Abang II-Jalan Cideng Barat, rute trayek bus Senen-Cimone dialihkan melalui Jalan Tanah Abang II-Jalan Cideng Barat.

"Kita juga lakukan penempatan petugas seperti di pertigaan Jalan Kesehatan dan Jalan Kesehatan III untuk mengalihkan rute mikrolet 08. Selain itu, penempatan petugas dipertigaan di Jalan Tanah Abang 1 untuk mengarahkan bis jurusan Cimone agar mengikuti rute yang disediakan," paparnya. (As)

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait