Pemkot Jakpus Peringati TB Sedunia

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) mengelar peringatan TB Dunia, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Pandawa, Jumat (16/3).

Asisten Kesejahtraan Jakpus, Fahmi mengatakan peringatan TB ini merupakan deteksi dini penyakit TB di wilayah kecamatan Johar Baru. Di mana kecamatan ini menjadi kecamatan terpadat di Jakpus. Lokasi pemukiman yang padat membuat warga rentan menderita maupun tetular TB.

"Biasanya TB itu mudah penyebarannya karena kepadatan penduduk, pola hidup tidak sehat, bangunan rumah yang kurang sinar matahari," katanya.

Menurutnya, mengobati TB menjadi prioritas penting untuk mencapai target Indonesia bebas TB. Sehingga, dengan adanya peringatan TB dengan deteksi dini TB dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

"Ketika teridentifikasi tinggal pengobatannya agar penderita TB tidak bertambah. Selain itu harus ada kepedulian masyarakat untuk membantu sehingga penderita bisa ditemukan, kemudian diobati sampai semubuh," tandasnya.

Di tempat yang sama, kasudin kesehatan Yudhita Endah menegaskan untuk memerangi TB, diperlukan dukungan dari semua pihak untuk memberikan penyuluhan pada masyarakat mengenai TB. Sehingga pengetahuan kesehatan di masyarakat mengenai TB dapat ditingkatkan.

"Jangan pernah bangga bila puskesmas maupun RS didatangi banyak pasien. Kita harusnya sedih, karena ini menunjukan bahwa masyarakat banyak yang sakit," imbuhnya.

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait