Pemkot Jakpus Persiapkan Verifikasi Penilaian Adipura

Jakarta Pusat, -- Untuk meraih Adipura Kencana tahun 2018, Pemintah Kota Jakarta Pusat mempersiapkan verifikasi penilaian adipura 2017-2018. Karena pada penilaian P1 nilai yang diraih oleh Pemerintah Kota Jakpus cukup memuaskan yaitu 73,11, jelas  Ka.Subbag Lingkungan  Hidup Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Jakarta Pusat, Amir Hamzah saat membuka Sosialisasi persiapan penilaian verifikasi adipura tahun 2017-2018 di aula Kecamatan Gambir, Kamis (19/3).

Dikatakan, titik pantau adipura di wilayah Jakarta Pusat ada 117 dan saat ini penilaian adipura P2 sudah dinilai oleh Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, namun kita belum tahu berapa nilai untuk wilayah Jakarta Pusat.

Mengantisipasi hasil penilaian P2 kita perlu meningkatkan sarana prasana baik itu yang ada di pasar, rumah sakit, sekolah, puskesmas, lingkungan kantor maupun lingkungan perumahan, selain itu partisipasi masyarakat sangat di perlukan, tandas Amir.

Ketua Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formapel) Jakarta Pusat, Alex Siagian mengatakan    , kalau Jakarta Pusat ingin menjadi juara pertama adipura tingkat nasional semua lini harus mempunyai komitmen meningkatkan kriteria dalam penilaian adipura. Kita harus rubah metodenya, jangan mengandalkan lurah saja tetapi mulai dari masyarakat  dan lintas sektoral secara bersama-sama membahas  dalam mempersiapkan verifikasi adipura.

“ Saya ingin pasar, rumah sakit, sekolah dan lainnya dapat meningkatkan dan menata pada titik pantau adipura agar dalam verifikasi nantinya nilai adipura maksimal, tegas Alex Siagian.

Camat Gambir, Fauzi menambahkan, keberhasilan adipura ada tiga yaitu pemerintah, masyarakat dan peran swasta, maka itu ketiga ini harus ada kerjasama dan saling mendukung .

Adipura bukan suatu tujuan, tetapi adipura sebagai cambuk sebagai perilaku agar selalu hidup bersih. “ Ada adipura atau tidak kita tetap harus hidup bersih serta menjaga lingkungan tetap hijau, “ kata Fauzi.


Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait