Pemkot Jakpus Segera Keruk Lumpur Waduk Situ Lembang

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) segera melakukan pengurukan lumpur di waduk Taman Situ Lembang, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus) menyusul matinya ratusan ikan di waduk tersebut.

Wali Kota Jakpus, Mangara Pardede mengatakan, berdasarkan analisa Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat, ratusan ikan mati akibat kandungan amoniak, fosfat, dan besi melebihi ambang batas yang berasal dari lumpur. Sehingga, pihaknya akan melakukan pengerukan lumpur, apalagi lumpur di sana terakhir kali dikeruk 5 tahun lalu.

"Saat ini Sudin Sumber Daya Air tengah melakukan penelitian untuk memastikan endapan lumpurnya berapa banyak. Sekaligus memperkirakan peralatan yang akan dikerahkan," ucap Mangara saat meninjau Taman Situ Lembang, Rabu (14/6).

Pihaknya memastikan,akan meminta persetujuan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta terkait tata cara pengerukan. Jangan sampai pada saat eksekusi justru menimbulkan masalah baru.

"Jangan sampai belum dipahami secara menyeluruh, dilakukan pengerukan. Situnya bisa kering. Harusnya diturunkan dulu debit airnya baru dikeruk, tapi perlu kehati-hatian. Tapi, eksekusi ini tunggu persetujuan Gubernur lebih dulu. Sudin Sumber Daya Air masih akan menambah titik pengujian lagi, karena sedimentasi di titik satu dengan titik lain berbeda,” tandasnya.

 

 

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait