Pemkot Jakpus Segera Rancang Layout Penampungan Pedagang Senen

Jakarta Pusat, -- Pasca peristiwa kebakaran Pasar Senen (19/1) lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusatbersama dengan pihak terkait tengah merancang layout penampungan pedagang Blok I dan II Pasar Senen yang menjadi korban kebakaran.

Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede menyatakan, telah berkordinasi dengan PT Pembangunan Jaya selaku pengelola Blok I dan II Pasar Senen, terkait rencana relokasi untuk para pedagang Pasar Senen yang menjadi korban kebakaran. Pihaknya meminta PT Pembangunan Jaya segera mensosialisasikan rencana relokasi tersebut kepada pedagang.

Mangara menjelaskan, sejauh ini proses relokasi pedagang sudah dalam tahap pembahasan layout  untuk tempat penampungan.

"Sudah ada pembahasan, layout nya sudah kita buat. Intinya kita berkeinginan mereka segera masuk ke penampungan," ungkapnya, Jumat (20/1).

Terkait lokasi penampungan, menurut Mangara, rencananya para pedagang korban kebakaran akan menggunakan lantai 2, 5, 6 dan sebagian lantai 1 Blok V Pasar Senen. Apabila masih ada yang belum tertampung, sesuai arahan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono , lantai 7 Blok V Pasar Senen bisa digunakan.

"Pada prinsipnya ribuan pedagang itu harus tertampung. Saya kira cukup di sana. Kita sudah hitung, cukup,"tegasnya.

Pihaknya juga mengingatkan, agar pedagang tidak berekspektasi tinggi mengenai kios di lokasi penampungan. Sebab luas kios yang tersedia dilokasi penampungan akan disesuaikan dengan jumlah pedagang yang terdampak kebakaran kemarin. Sehingga, jika pada sebelumnya kios pedagang memiliki luas cukup besar, akan disesuaikan ukurannya agar para pedagang lainnya dapat tertampung.

“Jadi kiosnya tidak sebesar yang dimiliki pedagang sebelumnya. Tapi yang paling penting , yang menjadi tujuan kami bagaimana supaya pedagang bisa cepat kembali berjualan. Minggu depan kita harap sudah ada pedagang bisa dagang kembali," tutup Mangara.

 

Kominfotik Cds-Nel


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait