Pemkot Jakpus Terjunkan 285 Petugas Gabungan Amankan Tahun Baru

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) menerjunkan 285 petugas gabungan mulai dari petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), petugas pemadam kebakaran (Damkar), petugas Sudin Perhubungan, petugas Sudin Lingkungan Hidup, petugas Sudin Perindustrian dan Energi, tim kesehatan serta petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk mengamankan malam tahun baru (31/12).

Wali Kota Jakpus Bayu Meghantara menerangkan, 285 petugas ini akan disebar di beberapa titik seperti Monas, Thamrin 10 yang menjadi lokasi nikah masal, dan Bundaran HI yang menjadi lokasi pangung Pemkot Jakpus, serta di 4 titik pangung lainnya di sepanjang Thamrin-Sudirman.

"Malam tahun baru ini kawasan Thamrin-Sudirman akan jadi kawasan Car Free Night (CFN), tentunya banyak warga yang akan berkumpul merayakan pergantian tahun. Kita berkewajiban memberikan rasa aman pada warga, serta memastikan perayaan tahun baru berjalan dengan baik," ungkapnya usai pelaksanaan apel pengamanan malam tahun baru, di halaman kantor Wali Kota Jakpus, didampingi Wakil Wali Kota Irwandi, Sekertaris Kota, Iqbal Akbarudin, Asisten Pemerintahan Budi Roso, serta para pejabat lainnya, Jumat (28/12). 

Menurutnya, kemanan dan ketertiban pada malam tahun baru ini menjadi tolak ukur keberhasilan Pemkot Jakpus dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Sehingga, diharapkan para petugas gabungan dapat menjalankan tugas dan peran sebaik mungkin.

"Kita juga persiapkan mobil toilet, tim kesehatan, ambulans, dan kantong parkir, untuk memfasilitasi kebutuhan warga selama perayaan malam tahun baru. Kita fasilitasi 70 stand pedagang binaan dan 28 pedagang multi produk untuk menambah kemeriahan tahun baru," paparnya. 

Nantinya, lanjut Bayu, kawasan Thamrin-Sudirman akan ditutup mulai pukul 18.00 sampai acara selesai. Setelah itu, lanjut petugas Sudin LH bersama petugas PPSU melakukan pembersihan sampah di sepanjang lokasi CFN. 

"Kemungkinan pukul 02.00 petugas LH, PPSU baru dapat membersihkan sampah. Target kita, sebelum pagi kawasan Thamrin-Sudirman bersih dan rapi," tandasnya. 

Sementara itu, Kasatpol PP Jakpus Rahmat Lubis menegaskan untuk menjaga keamanan selama tahun baru, pihaknya telah membuat surat perintah bagi seluruh jajaran Satpol PP Jakpus untuk tidak libur dan cuti sampai dengan 1 Januari 2019. 

"Semua petugas masuk seperti biasa, tidak ada libur atau cuti. Tanggal 2 baru kita atur libur dan cuti petugas," terangnya.


Kominfotik JP/NEL 

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait