Pengamanan Pengguna Jalan, Karung Pasir Ditempatkan dalam Manhole Utilitas

Proyek pengerjaan Manhole Utilitas di Jalan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Penambahan karung berisi pasir yang ditempatkan ke dalam proyek pengerjaan Manhole Utilitas di Jalan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, sesuai Standar Operational Prosedur (SOP). Tujuannya, pengamanan pengguna jalan terutama kendaraan beban berat.

"Jadi karung karung berisi pasir itu sengaja dimasukan untuk pengamanan serta menahan beban dan menjadi menjadi bantalan antisipasi bila tutup manhole utilitas yang ada amblas," ungkap Kepala Sudin Bina Marga Jakarta Pusat, Rakim, Senin (25/11).

Dikatakannya, penjelasan tersebut juga sekaligus mengklarifikasi viralnya rekaman video di media sosial (Medsos) adanya sejumlah pekerja proyek pembangunan manhole utilitas di Jalan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, yang membuang karung pasir ke dalam lubang saluran.

"Video tersebut seakan-akan pekerja kita membuangi karung ke dalam saluran, padahal yang terjadi sebenarnya itu bukan saluran melainkan lubang utilitas. Dan juga dalam pengerjaannya, antara saluran dengan lubang utilitas berbeda tidak menjadi satu," paparnya.

Rakim menerangkan, proyek pengerjaan manhole utilitas tersebut merupakan program Gubernur DKI, Anies Beswedan, dalam menjadikan Jakarta bebas kabel udara. Di mana nantinya, kabel-kabel akan dipindah ke bawah tanah sehingga tidak lagi semrawut dan membahayakan warga.

"Proyek pekerjaan manhole utilitas ini sendiri ada disetiap wilayah Jakarta, dan untuk di Jakarta Pusat ada sebanyak 238 titik akan terpasang," jelasnya.

Hingga saat ini, pemasangan lubang utilitas yang ada telah mencapai sekitar 98 persen dan ditarget rampung dalam waktu sepekan ke depan. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait