Pengelolaan Sampah di Lingkup RW Mulai Disosialisasikan

Wakil Walikota membuka acara sosialisasi pengelolaan sampah di lingkup RW, Rabu (12/2)

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 120 orang dari berbagai unsur mengikuti sosialisasi pengelolaan sampah lingkup Rukun Warga (RW) yang digelar Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat,  Rabu (12/2). Narasumber pada kegiatan ini berasal dari Dinas Lingkungan Hidup dan perwakilan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat,  Irwandi mengatakan sangat mengaperesiasi kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah lingkup RW.

“Dalam waktu dekat kita akan memperingati hari peduli sampah yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2020. Kebetulan RW 03 Kelurahan Cempaka Putih Timur memiliki program sampah tanggung jawab bersama (Samtama),” ujar Irwandi.

Ia berharap program Samtama bisa direplikasi di kelurahan-kelurahan lain. “Saya berharap program Samtama dapat ditingkatkan lagi dan berkolaborasi dengan warga agar dapat benar-benar dirasakan sebagai tanggung jawab bersama,” tambahnya. Wakil wali kota juga mengungkapkan bahwa ada rencana Gubernur DKI Jakarta akan hadir di lokasi pilot project Samtama.

Saat ini Pemprov DKI Jakarta sedang gencar menyosialisasikan Instruksi Gubernur Nomor 107 Tahun 2019 tentang Pengurangan dan Pemilahan Sampah di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bentuk kongkretnya antara lain dengan tidak lagi menyediakan air minum dalam kemasan pada setiap rapat, sehingga peserta harus membawa botol minum sendiri.

“Ini soal mengubah perilaku untuk mengurangi sampah plastik, dan ini sudah diterapkan di tingkat wali kota hingga kelurahan,” jelas Irwandi.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat,  Marsigit menjelaskan sosialisasi ini diikuti 120 orang terdiri RT/RW se-Kecamatan Cempaka Putih, Dewan Kota,  PKK,  pendamping dari Sudin Lingkungan Hidup,  Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formapel) serta unsur intansi terkait.

(Kominfotik JP/Day)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait