Perbaikan Jalan dan Saluran Mendominasi Usulan Kegiatan 2017

Jakarta Pusat, -- Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang ) tahun 2016 pada tingkat Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, banyak warga mengusulkan perbaikan jalan dan saluran. Disusul kemudian kegiatan pelatihan, pendidikan, dan kesehatan.

Menurut Lola Lovita, Camat Cempaka Putih yang akrab dipanggil Lola, dalam musrenbang tahun 2016 yang diusulkan oleh warga Kecamatan Cempaka Putih melalui rembug RW, usulan yang masuk sebanyak 754 kegiatan. Namun, setelah diverifikasi usulan menjadi 593 kegiatan, sedangkan 153 usulan ditolak.

Lola mengatakan, jumlah usulan musrenbang tingkat kecamatan setelah diverifikasi menjadi 593 usulan dengan jumlah total anggaran sebesar Rp. 421.356. 445.968,- . Adapun rinciannya, Kelurahan Rawasari 111 usulan dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 19.585.170.494,-, Cempaka Putih Timur 102 usulan Rp. 81.154.139.139 ,-, dan Kelurahan Cempaka Putih Barat total usulan 380 dengan anggaran Rp. 320.617.136.335 ,-

 “Usulan perbaikan jalan dan saluran masih mendominasi karena masih ada jalan dan saluran yang perlu ditingkatkan”, ujarnya Lola.

 Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Zainal, menjelaskan tujuan musrenbang yaitu untuk menyelaraskan, mengklarifikasi, menajamkan, menyepakati dan menetapkan usulan-usulan  dari warga masyarakat yang akan diteruskan pada musrenbang selanjutnya.

“Saya berharap kepada camat dan UKPD/seksi teknis khususnya UKPD yang banyak menerima usulan dari masyarakat supaya mengikuti musrenbang dengan serius dan sungguh-sungguh dan harus berperan aktif. Maka itu, seluruh usulan supaya dicek kembali baik yang telah disetujui dan divalidasi oleh lurah. Terutama yang bersifat fisik. Pastikan usulan masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan skala prioritas. Jika ada usulan yang tidak dapat  diakomodir, tim teknis wajib memberikan alasan”, jelas Zainal.

Selanjutnya, pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Perencanaan Pembangunan Kota (Kappenko) Jakarta Pusat, Saelani, mengatakan bahwa usulan dalam Musrenbang tingkat Kecamatan dapat dilihat melalui sistem aplikasi musrenbang langsung tanpa password.

“Silakan, Saudara melihat hasil Musrenbang ini melalui sistem aplikasi dengan alamat web murenbang.jakarta.go.id langsung tanpa password” tutup Saelani. (AD, Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait