Perempuan Jangan Takut Laporkan Kekerasan

Jakarta Pusat, -- Kepala Suku Dinas  (Kasudin) Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Pusat (Jakpus) menghimbau para perempuan agar berani melaporkan kasus kekerasan yang dialaminya pada posko pengaduan kekerasan perempuan dan anak yang ada di dua Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rustanti dan Harapan Mulya.

Kasudin PPAPP Erma Suryani menjelaskan, sejak posko pengaduan itu dibuka hingga saat ini belum ada perempuan yang melaporkan tindakan kekerasan yang dialaminya. Padahal, lokasi posko tersebut merupakan lokasi yang cukup tinggi tingkat kekerasan terhadap perempuan berdasarkan hasil evaluasi Dinas PPAPP DKI Jakarta.

"Belum ada warga yang melapor, ini biasanya karena mereka takut dan malu melapor. Tapi, seharuanya perempuan yang mengalami kekerasan rumah tangga atau siapapun  harus berani melaporkan. Supaya bisa dicegah, kalau mereka tidak lapor justru mereka akan terus mendapatkan kekerasan," ungkapnya di sela-sela panen sayur hidroponik di RPTRA Mutiara Sumur Batu, Senin (29/1).  

Lebih lanjut, Erma memaparkan, akan melakukan konseling bagi para korban kekerasan baik anak maupun perempuan yang melapor pada posko pengaduan di RPTRA. Dari sanalah akan dilakukan pembedahan dari  Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak P2TP2A apakah kasus kekerasan ini harus diselesaikan secara hukum atau damai.

"Tidak hanya perempuan, suami juga akan diberikan pemahaman, agar tidak mengulangi perbuatannya. Bahkan Februari nanti kekuatan kita akan ditambah dengan adanya konselor dari Dinas PPAPP yang akan bertugas di posko," paparnya.

Pihaknya menilai, selama ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi kekerasan dalam rumah tangga diantaranya; tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, keharmonisan keluarga, dan narkoba.

"Maka dari itu kita selalu terjun ke masyarkaat,  masuk ke dalam kegiatan arisan, ataupun kegiatan lainnya di RPTRA, untuk melakukan edukasi dan penyuluhan mengenai hal ini" tandasnya.

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait