Persiapan MPM Jakpus Gelar ToT

Jakarta Pusat, -- Dalam rangka persiapan pelaksanaan Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Jakpus) mengelar Training of Trainer (ToT) untuk verifikasi dan validasi rumah tangga program (MPM).

Walikota Jakpus Mangara Pardede menerangkan, kegiatan ToT ini merupakan kegiatan yang sangat penting sebelum pelaksanaan verifikasi MPM. Sebab, data dari MPM ini akan menunjang keberhasilan program penanggulangan kemiskinan. Sehingga program tersebut tepat sasaran dan tepat guna sesuai dengan UU No.13 tahun 2001 tentang penanganan fakir miskin.

“ Kegiatan ini sangat mulia, maka dari itu bagi aparatur yang akan turun kelapangan, diharapkan dalam pendataan di lapangan lebih akurat. Sebab, kegiatan ini merupakan cikal bakal untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah Jakpus,” ungkapnya saat membuka ToT di ruang pola gedung Perpustakaan Jakpus, Rabu (22/2).

Mangara juga menekankan, seluruh aparatur yang mengikuti program ini harus  memanfaatkan  kegiatan ToT ini agar mampu melatih masyarakat yang juga terlibat dalam program MPM ini dan sekaligus mensosialisasikan program kecamatan dan kelurahan. Selain itu, aparatur juga diminta memperhatikan data kemiskinan di wilayahnya agar program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat dikoordinasikan dan tepat sasaran.

“Penangulangan kemiskinan ini tidak hanya dapat  dapat dilakukan oleh pemerintah saja tetapi memerlukan keterlibatan semua pihak. Sehingga, menjadi gerakan bersama di masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Sudin Sosial Jakpus, Susan menjelaskan  kegiatan ToT ini diikuti 65 orang terdiri dari Kasie Kesra Kecamatan dan kelurahan se Jakpus, Satlak sosial dan unsur SKPD terkait. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini bertujuan

untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman aparatur tentang prosedur dan mekanisme pendataan instrumen MPM dalam menggunakan aplikasi Sistem Informasi Jakarta Peduli (Si Jali) sebagai salah satu sistem informasi penanggulangan kemiskinan.

 

Kominfotik JP


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait