Pertahankan Tradisi Lewat Lebaran Betawi

Jakarta Pusat, -- Ribuan warga dari berbagai kalangan terlihat antusias menyaksikan prosesi Lebaran Betawi di perkampungan budaya Betawi Setu Babakan. Seluruh Aperatur Sipil Negara (ASN) dari 5 wilayah, dan 1 kabupaten provinsi DKI Jakarta berkumpul di tempat itu.

Dari balik rumah Betawi Jakarta Pusat yang dihisasi berbagai macam bunga mulai dari mawar, lili, hingga sedap malam, Wali Kota Jakpus, Bayu Menghantara dan Ketua Tim Pengerak (TP) Pembinaan Kesejahtraan Keluarga (PKK) Jakpus, Shintya Ayuningrum nampak sibuk mempersiapkan berbagai macam hantaran.

Seperti tradisi Lebaran Betawi pada umumnya dimana semua warga Betawi saling berkunjung sambil membawa hantaran lebaran dari rumah masing-masing untuk diberikan pada tetangga, ataupun kerabat yang dikunjunggi. Tak terkecuali Bayu Meghantara dan jajaranya. Sejak pagi, Bayu, dan seluruh jajarannya mulai dari para asisten, para Kasudin, para camat dan Ketua TP PKK Kecamatan telah bersiap untuk prosesi berkunjung. Satu persatu baki berisi bandeng presmol, putu mayang, jajanan pasar, tak ketinggalan roti buaya telah dibawa masing-masing camat Jakpus.

Selayaknya, keguyuban di perkampungan Betawi saat lebaran, Minggu (29/7) jajaran pejabat Pemkot Jakpus telah berbaris beriringan, sambil membawa hantaran kemudian berjalan mengunjungi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beserta para pejabat Provinsi DKI Jakarta. Satu persatu hantaran diberikan, sambil bersalaman dan bermaafaan. Ribuan warga yang sejak pagi menyaksikan acara ini, sibuk mengabadikan momen warisan budaya ini.

Sementara itu, para warga yang datang mengunjungi rumah-rumah wilayah dan kecamatan se DKI Jakarta, ada berbagai kuliner khas betawi yang dapat disantap cuma-cuma, mulai dari kerak telor, selendang mayang, nasi uduk, nasi ulam, soto betawi, kue rangi, dan masih banyak lagi.

"Kegiatan seperti ini menjadi kewajiban Pemda DKI Jakarta, untuk melestarikan adat dan istiadat betawi. Tentunya ajang Lebaran Betawi ini menjadikan Betawi tuan rumah di negeri sendiri," ungkap Bayu disel-sela acara.
Bagi Wali Kota Jakpus yang lahir dan tumbuh besar di Jakarta 46 tahun silam ini, melestarikan budaya Betawi menjadi hal yang penting. Selama ini, pihaknya juga menerapkan tradisi yang ada dalam Lebaran Betawi saat berkunjung lebaran ke rumah tetangga dan saudaranya.

Lebaran yang diadakan Pemprov DKI Jakarta bersama Badan Musyawarah (Bamus) Betawi dinilainya mampu menarik partisipasi aktif warga untuk mengenal, dan melestarikan adat dan istiadat Betawi.

"Disini juga ada jajanan kuliner khas Betawi yang sengaja disajikan. Supaya, makanan khas Betawi ini bisa bersaing," papar pria yang gemar menyantap Putu Mayang dan Nasi Kebuli ini.
Usai mengunjunggi Anies dan jajaranya, kini giliran rumah Betawi Jakpus dikunjunggi Anies. Terlihat Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah, Ketua TP PKK DKI Jakarta, Fery Farhati, ikut mendampinggi Anies.

"Ini peringatan Lebaran Betawi ke 11 kalinya, ini menjadi ajang untuk mengembangkan budaya Betawi disamping melestarikannya. Ini juga menjadi bukti penting, seluruh warga Betawi, menjadi warga yang paling terbuka dan ramah pada semua suku," ucapnya


 Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait