Peserta PKT Ikut Pelatihan Diversifikasi Olahan Pertanian

Kepala Seksi Pertanian Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, Sunarto secara simbolis memberikan bahan baku olahan pangan kepada peserta PKT. Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 30 peserta PKT dari delapan kecamatan di Jakarta Pusat mengikuti pelatihan diversifikasi olahan hasil pertanian di RPTRA Tanah Abang 3, Jalan Tanah Abang III, Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (29/8) kemarin. 

Para peserta yang hadir dalam pelatihan mendapat bantuan bahan baku olahan hasil pertanian basah dan kering untuk membuat kue dan minuman.

"Peserta sebagian besar tidak memiliki keterampilan khusus dan sebagian lagi memiliki usaha. 30 orang peserta yang ikut pelatihan berusia produktif. Mereka ibu-ibu dari tiap kecamatan, satu kecamatan diambil tiga sampai empat orang," ucap Kepala Seksi Pertanian Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, Sunarto, Jumat (30/8). 

Para peserta telah mengikuti pelatihan bersama Sudin KPKP Jakpus selama dua hari. 

Pelatihan pertama, lanjutnya, para peserta diajarkan membuat olahan pangan. "Hari pertama kemarin sudah diajarkan membuat brownies, cupcake, smoothies dari wortel, dan pakcoy serta sambel nanas. Kemarin diajarkan ada enam resep," jelasnya. 

Kemudian pelatihan kedua, tambah Sunarto, peserta diajarkan membangun kewirausahaan, termasuk pemasaran online maupun offline. Setelah mengikuti pelatihan, para peserta juga akan mendapatkan pendampingan PKT hingga ke level lebih tinggi. 

"Saya harap mereka yang sudah dibekali bahan baku, dapat mengulang apa yang diajarkan kemarin supaya lebih mahir lagi. Harapan akhir mereka dapat terinspirasi membuat suatu wirausaha baru. Sehingga yang belum punya usaha menjadi punya usaha dengan olahan hasil pangan. Kemudian yang sudah punya usaha dapat ditingkatkan lagi," terangnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait