Polio Dapat Mengancam Kehidupan Balita

Jakarta Pusat, -- Polio merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menularkan serta berpotensi untuk terjadi kejadian yang luar biasa (KLB) sehingga dapat mengancam kehidupan Balita. Demikian Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede didampingi Ketua TP PKK Jakpus,  Rintje Mangara mengatakan hal tersebut saat pembukaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2016 di RPTRA Duri Pulo, Gambir, Rabu ( 8/3 ).

Pemberian imunisasi polio bagi balita berusia 0 – 59 bulan sangat penting, karena virusnya sangat berbahaya. Ini  menyerang sistem syaraf, dan dapat menyebabkan kelumpuhan total. Selain itu juga penyakit polio dapat menularkan kepada balita lainnya. Jelas Mangara.

Untuk menghindari  risiko tinggi terhadap penyakit polio, diharapkan kepada warga masyarakat terutama orang tua yang mempunyai bayi dan anak balita dianjurkan supaya bayi atau balitanya mendapatkan Imunisasi polio. Pemberian imunisasi vaksin polio diberikan secara gratis. “ Ayo mumpung gratis bawa bayi dan anaknya ke Pos PIN terdekat, “ ucap walikota.

PIN polio pada anak usia 0-59 bulan tersebut untuk memberikan perlindungan yang optimal bagi seluruh anak terhadap virus, sehingga dapat tercapai eradikasi polio pada akhir tahun 2020, tambah Mangara.

Ka. Sudin Kesehatan Jakarta Pusat, Yudhita Primaningtyas, memaparkan, jumlah bayi dan anak balita di wilayah Jakarta Pusat yang akan diberikan vaksin polio sebanyak 73.755 dengan jumlah pos PIN 680 pos. Sedangkan jumlah petugas yang diterjunkan sebanyak 1.866 orang terdiri dari tenaga medis 285 orang, kader 1.325 orang dan bantuan dari institusi pendidikan 256 orang.

 Untuk Imunisasi Polio bisa dilakukan di rumah sakit, Puskesmas, Stasiun, Terminal, Posyandu poliklinik. PIN Polio dilaksanakan mulai hari ini, 8 s.d 15 Maret 2016 dengan sasaran semua anak usia 0 s.d 59 bulan.

Pelaksanaan pencanangan PIN Polio di wilayah Jakarta Pusat dilakukan juga di RPTRA Karet Tengsin oleh Wakil Walikota Jakpus, Arifin dan di RPTRA Amir Hamzah Pegangsaan oleh Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Zaenal.

Diharapkan dengan pencanangan PIN Polio 2016 di wilayah Jakarta Pusat dapat meningkatkan imunitas terhadap polio. Polio dapat dicegah dengan vaksinasi yang bisa memberikan kekebalan terhadap penyakit polio seumur hidup, terutama pada anak-anak. (AD)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait