Program Kota Sehat, Jakarta Sejajar dengan Singapura  

Tim Pembina Kota Sehat Tingkat DKI  Jakarta meninjau Industri pembuatan sepatu di wilayah RW.09 Kelurahan Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (10/7). Foto: Ran

Jakarta Pusat, -- Program Kota Sehat, merupakan salah satu program yang hampir mirip dengan program Adipura, atau Sekolah Sehat. Tujuannya untuk menciptakan wilayah kota atau provinsi menjadi kota sehat.

Demikian dikatakan, Tim Pembina Kota Sehat Tingkat DKI  Jakarta, Kusmanto, diterima Camat Menteng, Edy Suryaman dan Lurah Kebon Sirih, Indarto saat meninjau ketujuh Tatanan Kota Sehat, di Aula Bank Mandiri Jakarta, Rabu (10/7).

Kusmanto menambahkan, program kota sehat salah satu bentuk adanya kontribusi kerjasama antara masyarakat, pemerintah, dan swasta. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana adanya kepedulian bersama agar kota Jakarta bisa sejajar dengan kota-kota maju seperti, Singapura dan Malaysia.

“Kota Jakarta harus sama dengan Singapura dan Malaysia dalam tingkat kebersihan, kerapihan, dan penghijauannya. Jangan sampai Kota Jakarta yang sudah maju malah tertinggal dari negara tetangga,” ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya lomba kota sehat ini mudah-mudahan menambah nilai, nilai ekonomi,nilai kesehatan serta kesejahteraan masyarakat. “Jadi kalau lomba dan piala itu hanya sebagai penyemangat saja,” katanya.

Setelah dilakukan peninjauan di tiga lokasi tatanan kota sehat yang terdiri dari perkantoran  Bank Mandiri, obyek wisata Gedung Joang 45, dan Industri pembuatan sepatu di wilayah RW.09 Kelurahan Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kusmanto mengaku, sangat pantas Jakarta Pusat mengikuti pembinaan Kota Sehat tingkat DKI Jakarta.

Sementara itu, Direktur PT Usaha Gedung Mandiri, Hargo Hadi mengatakan, sangat mengapresiasi dan sangat mendukung program kota sehat.

“Tentunya masih ada kekurangan-kekurangan dari kami, untuk itu tim pembina kota sehat dari Provinsi DKI Jakarta yang akan melakukan evaluasi untuk memberikan masukannya,” tandas Hadi. (As/Stk)

 

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait