Program Poktan Berdayakan Warga Tanah Tinggi

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan kegiatan pertanian perkotaan yang diusung melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Pusat. 

Kepala Seksi Pertanian Sudin KPKP Jakarta Pusat, Sunarto mengatakan, melalui program Poktan, 30 warga Kelurahan Tanah Tinggi akan diberdayakan dalam mengatasi masalah sosial di RPTRA Pandawa, Johar Baru, Jakpus, Senin (8/7).

"Targetnya, para peserta yang belum memiliki usaha mandiri, usia masih produktif, kalau yang berkeluarga harus izin suami dan yang belum menikah harus izin keluarga. Kegiatan mulai 8 Juli hingga 19 Juli," ungkapnya, ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat (5/7).

Kegiatan yang dilakukan di RPTRA Pandawa, lanjut Sunarto, meliputi pemberian ilmu pengetahuan dan keterampilan terkait olahan hasil pertanian.

Sunarto berharap para peserta dapat melakukan usaha secara mandiri guna meningkatkan perekonomian keluarga. 

"Nanti, ada 15 resep olahan hasil pertanian dan dibagi tiga kelompok. Sumber pangan beras untuk membuat kue lapis, kue cucur, semar mendem, dan lemper. Kemudian, aneka jenis gorengan dan aneka jenis kue kering. Kegiatan ini akan diikuti 30 peserta yang dibagi perkelompok berjumlah 10 peserta," katanya. 

Sementara untuk materi yang akan disampaikan, Sunarto mengungkapnya, yakni praktek olahan pangan pengembangan kewirausahaan dan perizinan usaha mikro. Narasumber kegiatan ini adalah praktisi dari pihak luar dan 10 pendamping dari Sudin KPKP. Nanti setelah pelatihan, akan dibentuk Poktan. 

"Peserta akan dilatih membuat kemasan, perizinan hingga penjualan. Kegiatan ini merupakan pengembangan dari PKT. Tahun 2018, sebanyak 1.365 PKT berhasil lolos menjadi wirausaha baru. Untuk tahun ini, ada 1.050 wirausaha baru. Pemasaran produk dapat disalurkan ke bazar dan PD Pasar Jaya  melalui tahap akurasi produk," tutupnya (As/Stk)

 

 

 

 

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait