Proper SOP Pengamanan Informasi

Jakarta Pusat, -- Akhir-akhir ini kita sering mendengar adanya salah satu website milik perusahan maupun pemerintah yang terkena hack. Hal ini menjadi perhatian bagi pengelola website agar lebih meningkatkan keamanan terhadap wibesite yang dimilikinya.

Untuk mengatasi para hacker untuk melakukan aksinya meretas website, proper Ka.Sudin Kominfotik Jakarta Pusat rencananya akan membuat Standart Operating Procedure (SOP) pengamanan website.

“ Keamanan merupakan hal yang utama karena apabila website terkena hack maka semua data yang ada dalam website akan hilang, “ tandas Ka.Sudin Kominfotik Jakarta Pusat, Tatik Mulyatik, Rabu (30/5).

Seperti yang terjadi pada website resmi Dinas Pehubungan DKI Jakarta dan  yang  terkena kejahatan oleh hacker. Maka dari pengalaman diatas tersebut, pihaknya berupaya meningkatkan keamanan website dengan membuat SOP, papar Tatik.

Ka.Bag Tata Usaha Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Dodi mengatakan, memang di instansinya sering terkena kejahatan oleh hacker sehingga website tampilan muka berbeda dan mengalami kehilangan data.

Terjadinya hal ini karena keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM)nya artinya pegawai yang mempunyai kemampuan yang terkait dengan hal ini sangat terbatas. Untuk itu diharapkan kedepan di semua SKPD mungkin ada masterplan supaya disamakan terkait kelembagaan di masing-masing SKPD.

“Mungkin salah satu tugas kedepan yang semakin dinamis, terkait data informasi maupun teknologi  informasi disamakan supaya melekat di masing SKPD agar seragam dalam hal penanggulan, bertindak dan berpola pikir yang sama,” beber Dodi.

Saya sangat mendukung program Dinas Kominfotik DKI Jakarta yang akan membuat SOP keamanan informasi, ini sangat baik sekali, yang membidangi lebih ahli dan mendatail jadi bisa seragam dalam menangani kejahatan Hacker, apalagi bisa digunakan di semua SKPD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ujar Dodi.


Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait